Proud of

Proud of

Senin, 10 Februari 2014

Tingkatkan Kinerja Memori dengan Rosemary

Rosemary yang memiliki nama latin Rosmarinus officinalis ('dew of the sea') atau orang Spanyol dan Filipina menyebutnya romero, menjadi salah satu jenis tanaman herbal yang di Eropa sana sudah dikenal dan dimanfaatkan sejak era Elizabeth sampai awal mula periode Romantik. Bahkan dalam karya salah satu sastrawan Eropa, Shakespeare, dalam Hamlet-nya, ada tertulis di mana Ophelia berkata, “There’s rosemary, that’s for remembrance.”Apakah pada faktanya rosemary memang dapat meningkatkan daya ingat?

Jawaban singkatnya adalah ya. Sudah banyak penelitian yang mengungkap efek dahsyat rosemary terhadap memori atau daya ingat. Seperti dalam Moss M., Cook J., Wesnes K., & Duckett P. (2003). Aromas of rosemary and lavender essential oils differentially affect cognition and mood in healthy adults. International Journal of Neuroscience, 113(1): 15-38.. Dikabarkan di dalamnya bahwa menghirup aroma minyak esensial dari rosemary dan juga lavender secara signifikan dapat meningkatkan kinerja daya ingat memori kita. Bahkan bisa sampai 75 % sebagaimana diungkap oleh Robert Tisserand

Hal itu sejalan dengan apa yang dikatakan oleh  Nicholas Culpeper pada sekitar tahun 1652, seorang herbalis asal Inggris, yang menulis perihal Rosemary, katanya; "Helps a weak memory and quickens the senses." Dari sini, sebenarnya ada satu hal pesan penting, bahwa tidak jarang apa yang dianggap oleh suatu masyarakat tertentu pada masa dahulu soal pengobatan, sebenarnya memang benar pada aktualnya setelah dilakukan penelitian di era modern. Pada akhirnya, alam memang selalu memberikan yang terbaik bagi kita. Sayangnya acapkali kita abai pada alam di mana kita tinggal di dalamnya.

Sudah saatnya, di rumah kita, atau di dekat kamar tidur kita, pun di sudut-sudut ruang bila perlu, ditaruh minyak-minyakan aroma terapi, misalnya dari rosemary ataupun lavender, daripada menggunakan pengharum yang lebih banyak menggunakan bahan kimia. Dan jangan ragu untuk menghirup aroma minyak esensial dari Rosemary. Atau, adakah dari pembaca yang menanamnya? Bunganya indah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar