Proud of

Proud of

Jumat, 14 Agustus 2015

Konsultasi Gizi: Mengatasi Rambut Rontok



Klien : Tn. A
Umur Tn. A adalah 21 tahun. Dengan berat badan 70kg dan tinggi badan 168. Pola konsumsinya sering mengkonsumsi junkfood. Dengan aktivitas sehari-hari bekerja didepan layar computer selama 12 jam. Keluhan utama terkait gizi adalah Tn A mengalami kerontokan.

Assesment :
Berdasarkan Indeks masa tubuh status gizi Tn A masih dalam kategori Normal. Akan tetapi berat badannya masih diatas berat badan Idel yang seharusnya yaitu sebesar 61.2 kg. Dengan kebiasaan konsumsi junkfood yang terus menerus maka Tn A dalam jangka waktu yang tidak lama akan memasuki status gizi overweight yang merupakan peringatan pertama. Dan jika tidak ada perubahan pola makan yang baik akan memasuki tahap akhir yaitu obesitas. Kemudian kondisi pekerjaan yang mengharuskan Tn A bekerja selama 12 jam didepan computer dapat merusak mata jika tidak didukung dengan asupan makan yang sehat dan beragam sebagai pencegah kerusakan mata akibat paparan layar computer. Selain itu, keluhan lain Tn A mengalami kerontokan.

Intervensi Gizi :
Pola Konsumsi
Diharapkan Tn A dapat memulai merubah kebiasaan konsumsi junkfood dengan makanan yang beragam. Selain itu tingkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan. Untuk konsumsi buah-buahan bisa dilakukan sebagai selingan makanan pagi dan sore. Utamakan sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber vitamin A untuk kesehatan mata seperti tomat, papaya, wortel, ubi jalar waluh, bayam dan sayuran hijau lainnya. Konsumsi junkfood secara terus menerus sudah tentu sangat tidak baik untuk kesehatan karena kandungan lemak yang tinggi serta termasuk lemak jenuh. Selain itu Jangan lupa sempatkan untuk berolahrga di akhir pekan minimal 30 menit. 

Kerontokan Rambut
Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh banyak hal seperti penyakit, genetik, stress. Dan salah satunya adalah kurangnya supan gizi sehingga mempengaruhi kesehatan rambut dan rambut mudah rontok. Adapun yang harus dilakukan untuk menangani masalah kerontokan adalah sebagai berikut :
1.    Penuhi asupan vitamin A,B,C, dan E
      Langkah pertama untuk mencegah rambut rontok adalah dengan mengkonsumsi makanan sumber vitamin A,B,C dan E. Vitamin A berfungsi untuk pertumbuhan sel dan jaringan sehat termasuk pembentukan rambut. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kerontokan dan rambut menjadi tipis. Vitamin B berfungsi menghambat kerontokan pada rambut dan mencegah rambut menjadi kusam. Selain itu memperlancar asupan oksigen pada rambut. Vitamin C dibutuhkan untuk sintesis kolagen yang berfungsi memperkuat rambut dan menjaga agar tetap sehat. Vitamin C juga meningkatkan penyerapan mineral zat besi dari makanan. Selain itu, kombinasi dengan vitamin E akan semakin memperkuat rambut dan mengurangi rambut rontok. Makanan sumber vitamin-vitamin tersebut seperti bayam, brokoli, wortel, mangga, tomat, strawberi, melon, dan aprikot

2.    Penuhi asupan Protein
      Penyusun rambut sebagian besar adalah protein. Tentu saja kekurangan asupan protein akan menyebabkan kerontokan rambut. Akan tetapi kelebihan konsumsi protein bukan berarti akan menyebabkan rambut semakin lebat akan tetapi menyebabkan masalah lain. Sehingga perlu memahami konsumsi protein secara seimbang.

3.    Penuhi asupan mineral zat besi, sulfur, zinc dan tembaga
      Zat besi berfungsi untuk membawa oksigen ke rambut, kekurangan asupan zat besi dapat menyebabkan folikel rambut kekurangan oksigen. Kekurangan zat besi menjadi penyebab utama kerontokan rambut pada perempuan yang pre-menopos. Zat sulfur berfungsi untuk pertumbuhan rambut. Kekurangan sulfur dapat menyebabkan rambut rontok dan rapuh. Zat zink dan tembaga juga dibutuhkan untuk kesehatan rambut, meskipun hanya dalam jumlah sedikit tetapi kekurangan zat gizi ini dapat membuat rambut menjadi tipis dan cepat kusam. Makanan sumber mineral-mineral tersebut seperti buah kering, kuning telur, ayam, gandum utuh, salmon, tuna, daging, ikan, susu, bawang merah, bawang putih, dan kacang-kacangan.

4.    Hindari penggunaan gel rambut dan pewarnaan rambut
 5.    Hindari penggunaan Hair dryer untuk mengeringkan rambut

          Dengan memenuhi asupan makanan yang banyak kandungan gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dapat membantu memberi solusi untuk mengobati rambut rontok tak hanya itu dengan memenuhi nilai gizi yang seimbang berarti kita telah berusaha memberikan yang terbaik bagi kesehatan tubuh maupun rambut dari dalam. Selain itu perlu juga diperhartikan hal-hal yang dapat merusak kesehatan rambut yang berasal dari luar. 

Jika ada hal lain yang ingin dikonsultasikan bisa mengisi data berikut disini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar