Proud of

Proud of

Senin, 09 Juni 2014

5 Kelainan dan Penyakit pada Sistem Indera Manusia

Indera pada manusia bersifat sebagai reseptor, yaitu bagian tubuh yang berfungsi sebagai penerima rangsangan. Ada lima macam indera yang berfungsi sebagai penerima rangsangan yaitu: mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit. Tiap indera akan berfungsi dengan sempurna apabila indera tersebut secara anatomi tidak ada kelainan, bagian untuk penerima rangsang bekerja dengan baik, saraf-safar yang membawa rangsang dari dan ke otak bekerja dengan baik dan pusat pengolahan rangsang di otak bekerja baik. Bila salah satu dari bagian tersebut rusak atau tertanggu, maka hubungan dengan dunia luar akan terganggu juga. Untuk itulah kita harus juga mewaspadai 5 kelainan dan penyakit yang dapat menyerang sistem indera kita.

Beberapa kelainan atau penyakit pada alat indera yang biasa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

  1. Miopi atau rabun jauh yaitu kelainan pada mata dimana bayangan yang dibentuk oleh lensa jatuh di depan retina. Kelainan ini terjadi karena lensa mata terlalu cembung atau garis tengah mata panjang. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa negatif.
  2. Hypermetripi atau rabun dekat yaitu kelainan mata dimana bayangan yang dibentuk oleh lensa jatuh di belakangan retina. Kelainan ini terjadi karena lensa mata terlalu pipih atau garis tengah mata pendek. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa positif.
  3. Presbiopi yaitu kelainan pada mata karena tidak elastisnya lensa mata untuk berakomodasi. Penderita kelainan ini biasanya menggunakan lensa ganda yaitu lensa positif dan negatif.
  4. Rabun senja yaitu kelainan pada mata karena defisiensi vitamin A. Akibatnya penderita kesulitan melihat benda saat terjadi perubahaan dari terang ke gelap atau saat senja.
  5. Katarak yaitu mengaburnya lensa mata, yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B atau juga faktor usia.
Dan masih banyak lagi, seperti kurang pendengaran pada indera telinga. Atau dalam beberapa kasus terjadi kekurang pekaan pada indera pengecap (lidah). Semua itu tidak lepas dari konsumsi vitamin yang harus cukup. Dan juga gaya hidup yang sehat. Tidak jarang, fungsi mata terganggu karena perilaku hidup yang tidak sehat, misalnya dalam hal membaca dan menghadapi komputer yang tidak mengenal batas. Untuk itu memang harus diperhatikan juga upaya kita menggunakan aneka alat indera. Mereka butuh istirahat dan juga difungsikan sebagaimana mestinya. Dan tentu diberikan asupan gizi yang seimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar