Proud of

Proud of

Selasa, 10 Juni 2014

7 Kelainan dan Penyakit pada Sistem Ekskresi Manusia

Manusia, sebagaimana pada hewan adalah makhluk yang memiliki sistem ekskresi. Kita ketahui bersama bahwa alat-alat ekskresi pada manusia itu ada ginjal, paru-paru, hati, dan kulit. Keempat alat ekskresi yang ada dalam tubuh kita itu dapat mengalami kelainan fungsi dan terserang penyakit. Ada kurang lebih 7 hal yang harus diwaspadai mengidap pada alat-alat tersebut. Dengan mengetahuinya kita terhadap 7 kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi manusia, diharapkan akan lebih menjadikan kita peduli, utamanya dalam hal konsumsi makanan yang sehat serta perilaku hidup sehat, agar terhindar dari tujuh hal itu.

Berikut ini 7 kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi pada manusia secara umum:

  1. Gagal ginjal adalah kelainan ginjal yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya (sebagai alat penyaring darah). Ada dua macam gagal ginjal yaitu gagal ginjal yang bersifat sementara dan gagal ginjal tetap. Penderita gagal ginjal sementara dapat ditolong dengan cuci darah secara berkala dengan menggunakan alat yang disebut hemodialisator.
  2. Batu ginjal terbentuk karena adanya endapan garam kalsium yang semakin lama semakin mengeras dan membesar. Endapan ini pada umumnya terdapat di rongga ginjal, karena terbawa arus urine (air seni/kencing) juga terdapat di ureter dan kantong kemih.
  3. Diabetes Insipidus adalah suatu penyakit yang penderitanya mengeluarkan urine terlalu banyak. Penyebab penyakit ini adalah kekurangan hormon ADH, yaitu hormon yang mempengarungi proses reabsorbsi cairan pada ginjal. Bila kekurangan hormon ADH ini, jumlah urine dapat meningkat sampai 30 kali lipat.
  4. Nefritis adalah peradangan pada nefron terutama glomerulus. Penyebabnya adalah infeksi bakteri Streptococcus yang mask melalui pernapasan.
  5. Biang keringat terjadi karena kelenjar keringat tersumbat oleh sel-sel kulit mati yang tidak dapat terbuang secara sempurna. Keringat yang terperangkap tersebut menyebabkan timbulnya bintik-bintiik kemerahan yang disertai gatal. Daki, debu, dan kosmetik juga dapat menyebabkan biang keringat.
  6. Kanker kulit disebabkan penerimaan sinar matahari yang berlebihan. Penyakit ini lebih sering menyerang orang yang berkulit putih dan terang, karena warna kulit tersebut lebih sensitif terhadap sinar matahari.
  7. Hepatitis adalah radang hati yang disebabkan virus hepatitis. Dikenal dua jenis virus, Hepatitis A dan Hepatitis B. Hepatitis B jauh berbahaya dibandingkan dengan hepatitis A.
Demikianlah 7 kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi pada manusia. Ketujuh hal tersebut harus kita waspadai dengan gaya hidup sehat, dan tidak kalah mengkhawatirkan sebagaimana kita pun harus menghindari Tuberkulosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar