Proud of

Proud of

Senin, 26 Mei 2014

Fungsi Umum Vitamin

Dibandingkan dengan fungsi zat gizi mikro yaitu karbohidrat dan lemak yang merupakan sumber energi, serta protein sebagai zat pembangun, maka vitamin secara umum lebih berperan sebagai zat pengatur keberlangsungan berbagai proses dalam tubuh. Vitamin berteran sebagai bagian dari enzim dan co-enzim untuk mengatur proses metabolisme karbohidrat, lemak, maupun protein dalam tubuh. Selain itu, terutama vitamin-vitamin yang bersifat sebagai antioksidan, banyak berperan dalam mempertahankan berfungsinya berbagai jaringan tubuh.

Jenis vitamin tertentu juga berperan dalam mempengaruhi pertumbuhan dan pembentukan sel-sel baru, seperti misalnya vitamin C yang membantu dalam proses penyembuhan luka dengan berperan dalam pembentukan dan pertautan sel-sel dari protein kolagen. Selain itu, vitamin membantu pembuatan senyawa-senyawa kimia, seperti hormon tertentu yang dibutuhkan dalam tubuh.

Adapun vitamin yang kita butuhkan misalnya vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, Asam pantotenat, Biotin, vitamin B11, vitamin B12, vitamin C, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Untuk itu konsumsi gizi seimbang sangatlah perlu, jangan hanya makan buah jeruk misalnya, tapi makanlah aneka buah, misalnya beberapa hari buah ini, hari berikutnya buah itu. Biar semua kebutuhan vitaminnya terpenuhi. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar