Proud of

Proud of

Sabtu, 08 Agustus 2015

Diet untuk Menurunkan Kolesterol

Hidup sehat sudah pasti menjadi keinginan semua orang. Tentunya menjadi sehat banyak hal yang harus kita perhatikan mulai dari apa yang kita makan sampai hal-hal lain seperti cek kesehatan sebagai langkah awal pencegahan. Banyak sekali indikator yang bisa kita ketahui untuk melihat tingkat kesehatan tubuh kita. Dan salah satu indikator yang paling sering masyarakat ingin ketahui terutama kalangan perempuan adalah kadar kolesterol.

Kolesterol menjadi salah satu indikator untuk melihat tingkat kesehatan seseorang. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menunjukan banyak hal mengenai terganggunya kesehatan tubuh kita seperti kegemukan, obesitas, diabetes, bahkan jantung. Sebagai langkah awal tentunya kita tidak harus langsung khawatir kemudian mendatangi dokter dan meminta obat agar kadar kolesterol dapat langsung turun. Hal inilah yang malah akan berdampak buruk untuk tahap selanjutnya. Alangkah baiknya jika kita mendatangi ahli gizi untuk meminta saran mengenai keluhannya dan bagaimana pengaturan makan agar dapat menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Adapun contoh pengaturan makan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah sebagai berikut:

Sarapan : Roti whole grain dilengkapi dengan sayuran 
Snack siang : Puding atau cookies whole grain
Makan siang : Makanan seperti bisa. usahakan menggunakan nasi beras merah, dengan sayuran dan buah2an  hindari sumber protein dengan kandungan kolesterol tinggi
Snack sore : Jus buah atau cookies whole grain
Makan malam : Salat atau nasi dengan ikan pepes

#Untuk menu sarapan bisa diubah sesuai selera tapi tetap bahan utamanya dengan menggunakan roti whole grain.
#Untuk snack juga bisa dengan konsumsi jus lainnya sepeti alpukat, wortel, pisang ataupun konsumsi kacang-kacangan
#Untuk makanan utamanya selain menggunakan beras merah bisa dengan kentang yang dikukus

Untuk menurunkan kolesterol, dianjurkan mengkonsumsi whole grain minimal 70 gram setiap hari yang terbagi dalam 2-3 sajian. Dan dalam 30 hari, kadar kolesterol diharapkan bisa turun secara nyata. Tentunya program penurunan kolesterol ini akan sukses jika tidak mengkonsumsi makanan-makanan tinggi kolesterol.


[]

1 komentar: