Proud of

Proud of

Kamis, 19 Maret 2015

Muaythai: Olahraga Para Raja dan Tip Rambut yang Terjaga

JAUH sebelum Modern Muaythai dikompetisikan sebagaimana tinju, Muaythai adalah olahraganya para raja di Thailand. Dahulu, pihak kerajaan mewajibkan seluruh tentara harus bisa olahraga ini sebagai seni beladiri yang ampu saat peperangan. Karena dalam beberapa aspek, kemampuan ber-muaythai setara dengan kemampuan menggunakan senjata untuk melindungi diri. Dan sebagaimana banyak jenis beladiri yang ada di negeri kita, Muaythai pun banyak diminati tidak hanya oleh kalangan atas tetapi juga banyak warga masyarakat sebagai bentuk mejaga diri, dan kini, Muaythai sebagai sarana berolahraga atau aktivitas fisik sangat layak dijadikan salah satu opsi kegiatan berolahraga rutin sebab menyehatkan. Walaupun tradisi kompetisi dalam Muaythai untuk mencari juara Muaythai tetap masih ada sampai saat ini. Dan mungkin, kamu tertarik jadi ahli bela diri yang dilakukan oleh raja-raja Thailand ini?

 Dan sebagai salah satu bentuk olahraga tinju yang khas Thailand ini, yang kini sudah mulai banyak praktisinya menyebar ke seantero jagat, mulai dari Amerika sampai ke Indonesia, dengan hadirnya banyak komunitas Muaythai profesional, menjadikan sejarah baru bagi olahraga Thailand yang pada awalnya jika mencari sejarah ke belakangnya agak rumit, namun yang pasti kini, menjadi bagian dari dunia kita.

Menurut healthguidance.org ada dua manfaat besar dari olahraga Muaythai ini. Pertama, latihan Muaythai akan membentuk fisik yang bagus, otot yang terbentuk, warna kulit yang bersinar karena latihannya bersifat detox pada tubuh sehingga akan banyak racun keluar melalui keringat, dan sangat bermanfaat untuk organ kardiovaskuler. Kedua, aspek mental. Latihan Muaythai akan membentuk mental seseorang menjadi lebih baik lagi, sehingga menjadi pribadi yang percaya diri baik dari dalam jiwanya maupun dari fisiknya. Sebab dengan mental yang baik otomatis akan berdampak pada kekebalan tubuh yang meningkat, serta pembentukan otot yang maksimal. Tambahannya, latihan Muaythai sangat cocok untuk membakar lemak, dan dalam pelatihannya kita akan pula diajarkan arti kejujuran, kasih sayang, dan kepedulian. Jadi tidak untuk jadi ajang jago-jagoan, sebab Muaythai adalah SENI bela diri.

DAN sebagaimana kata seorang bijak, nggak ada yang tanpa risiko di dunia ini. Dalam artian berlatih Muaythai harus bersama ahlinya. Pun, beberapa hal yang mungkin akan timbul dari aktivitas kita ber-Muaythai adalah ketombe di kulit kepala serta beberapa masalah rambut lainnya. Dan karena penampilan adalah salah satu hal yang perlu kita perhatikan pula, maka sudah seharusnya kita pun melakukan perawatan pada rambut agar tetap terawat dan terbebas dari aneka masalah yang dapat menurunkan rasa percaya diri. Kan biar keren, ber-Muaythai tanpa ada masalah rambut!

Ada beberapa tip tentu saja, pertama pastikan selalu keramas setelah kita melakukan aktivitas fisik yang mengakibatkan banyak keluar keringat di sekujur tubuh termasuk di kulit kepala. Dan yang kedua, pilihlah produk yang memang sudah terbukti ampu, misalnya produk sampo dari Zinc! Ngomong-ngomong soal Zinc, kamu-kamu yang memang pelazim olahraga Muaythai bisa tunjukkin aksimu dalam ajang kompetisi yang diadain sama Zinc dengan tajuk #Zinc360MuayThai, untuk registrasi dan informasi bisa langsung kunjungi zinc.co.id dan dapatkan hadiah gratis ke negara asal Muaythai, Thailand! Ketiga, tetaplah konsumsi buah dan sayur untuk menunjang olahraga Muaythai agar semakin memberikan manfaat yang terbaik bagi tubuh kita!

Demikian, salam sehat.

Bahan bacaan:
http://www.wmcmuaythai.org/about-muaythai



2 komentar: