Proud of

Proud of

Kamis, 12 Maret 2015

Diet Pangkal Segala Obat

Al Harits ibn Kildah, seorang dokter, mengatakan bahwa diet adalah pangkal segala obat dan lambung adalah tempatnya penyakit. Katanya dalam suatu pernyataannya, "pangkal kesehatan dan kesembuhan adalah diet."

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah berkata, "Diet ada dua macam; diet dari segala sesuatu yang mendatangkan penyakit, dan diet dari segala sesuatu yang menambah penyakit. Pertama adalah dietnya orang sehat dan kedua adalah dietnya orang sakit."

Untuk diketahui, diet di sini bukanlah diet dalam artian proses seseorang menurunkan berat badan, tetapi diet di sini berarti adalah pola makan. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak penyakit, khususnya penyakit tidak menular yang kini kian marak seringkali diakibatkan oleh diet keseharian yang tidak seimbang, akhirnya ketahanan tubuh kita tumbang dan penyakit berhasil menyerang.

Sekarang ini, sudah saatnya kita sadar bahwa pola makan yang bergizi seimbang sangatlah penting, khususnya bagi kita yang sehat, umumnya bagi mereka yang sakit agar segera pulih. Bahkan diet di rumah sakit itu sangat dikontrol karena ia, seperti judul postingan ini adalah pangkal segala obat, penyembuh agar lekas sehat. Maka bagi yang memang sudah sehat, diet yang bagus akan menghasilkan kehidupan yang mulus, terhindar dari aneka penyakit, yang memang bisa kita hindari, kecuali kematian.

Tentu saja, makanan yang kita konsumsi sebagai bahan diet keseharian kita, selain halal harus baik dan memang bernilai guna bagi tubuh. Dan hal ini pun harus dibarengi dengan rasa syukur atau tidak takabur dan berlebihan dalam melakukan konsumsi suatu makanan yang halal ataupun bernilai gizi. Sebab, sekarang ini, fenomena gizi lebih sama buruknya dengan kondisi gizi kurang atau kurang gizi.

Jadi, kita memang harus pandai-pandai mengukur dan menakar apa yang akan kita konsumsi setiap harinya. Mungkin kalau kita mengikuti hawa nafsu ya asal makan saja, padahal lambung itu gudangnya penyakit, salah-salah asupan ke lambung, malah menambah gelombang masalah pada kesehatan kita.

Untuk itulah, sudah saatnya kita mencari pengetahuan soal gizi agar paham dan dapat memilih yang terbaik untuk diet kesehatarian, agar kita tidak perlu suplemen kimiawi untuk mempertahankan ketahanan tubuh. Sebab pada dasarnya, makanan adalah obat, dan alangkah baiknya kita menjadikan "obat yang berupa makanan itu sebagai menu diet keseharian kita."

Salam sehat.

11 komentar:

  1. jadi pengen diet nih..biar sehat :)

    BalasHapus
  2. ternyata dengan diet penyakit bisa dihindari ya
    islam sudah menjelaskan juga

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan. Asalkan diet pas buka dan sahurnya berimbang. :)

      Hapus
  4. bererti dalam berpuasa kita sebenarnya lagi menjaga kesehatan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sebab puasa berarti kita melakukan detoksifikasi alias mengeluarkan racun dalam tubuh

      Hapus
  5. sekarang kembali seperti kebiasaan dulu makan cuma 2x sehari. :D semoga termasuk ya, biar tetep sehat. :)

    BalasHapus
  6. Mau lebih cepat progress dietnya ? Kita punya suplemen untuk diet Nature Citrimax nih.Nature Citrimax adalah suplemen yang terbukti dapat menurunkan berat badan mencapai ideal secara tepat dan aman, tanpa mempengaruhi sistem saraf pusat, sehingga tidak menimbulkan efek samping dan ketergantungan.

    BalasHapus