Proud of

Proud of

Selasa, 24 Maret 2015

Fungsi Kulit bagi Kesehatan Tubuh Kita

Kulit merupakan perisai tangguh yang melindungi tubuh dari segala bakteri dan kuman berbahaya. Namun, kulit juga dapat menjadi sarana paling mudah untuk masuknya pelbagai jenis bakteri dan kuman. Mikroorganisme dan parasit jahat sangat mungkin menetap dan hidup di kulit kita jika kita tidak membersihkannya dengan air yang bersih serta sabun secara rutin.

Adanya kulit juga berfungsi sebagai sarana pembuangan keringat dan suhu panas dalam tubuh. Kulit yang bersih memungkinkan kerja pengaturan suhu dan keringat yang berimbang di kondisi cuaca yang ektrim ataupun tidak menentu. Selain itu, banyak racun dari sisa metabolisme dalam tubuh kita dikeluarkan melalui kulit selain dikeluarkan melalui ginjal, dan dua alat pembuangan kita.

Kulit berfungsi mencegah masuknya cairan yang memang berbahaya bagi tubuh berkat adanya jutaan kelenjar keringat dan lapisan korneum di dalamnya. Dan saat siang hari di mana matahari tengah terik-teriknya dan mengeluarkan sinar ultravioletnya yang berbahaya itu, kulit pun bekerja sebagai perisai pelindung dan mengubah sinar berbahaya itu menjadi vitamin D yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi, sangat baik berjemur atau terkena sinar matahari di pagi hari.

Dan fungsi utama lainnya dari kulit ialah sebagai indra peraba. Dengan adanya kulit kita bisa merasakan aneka tekstur pada benda-benda. Bahkan saat menutup mata kita akan bisa melihat benda apa yang kita pegang dengan merabanya, walaupun kalau tidak terlatih kadang meleset juga tebakannya. Hehehe

Menurut Dr. Adnan Al-Syarif  (1990) dalam al-Tsawaabat al-'ilmiyyah fi al-Quraan al-Karim, kulit--walaupun kadarnya sedikit--berfungsi sebagai perangkat pernapasan, dengan adanya pori-pori, di mana kulit juga menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida.

Mahakuasa Allah yang telah menciptakan kulit memiliki berbagai fungsi, dan tugas kita adalah merawatnya, dengan menjaga kebersihan utamanya mandi. Mencuci tangan sehabis dan sebelum makan, dan kebiasaan wudu pada kalangan umat Islam sangat memberikan efek baik bagi kesehatan kulit. Pastikan tidak memakai banyak bahan kecantikan yang berbahaya pada kulit kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar