Proud of

Proud of

Minggu, 18 Januari 2015

Gizi Aprikot (Prunus armenaica)

Tahukah Anda mengapa Aprikot dijuluki oleh sebagai Prunus armenaica? Karena kalau dilihat dari sejarahnya, buah yang aslinya dari Cina ini tiba di benua Eropa melalui Armenia. Dan sampai saat ini, aprikot memang lebih dikenal dalam aneka masakan Eropa. Apakah dari aspek gizi kita tidak memerlukan konsumsi buah Aprikot? Tentu saja kita perlu dan ada baiknya sesekali mengonsumsi buah yang memiliki warna oranye yang cantik ini, suatu warna yang menandakan bahwa di dalamnya banyak terkandung beta-karoten dan aprikot termasuk buah yang kaya akan serat! Di negara yang mengenal lebih dari dua musim, munculnya aprikot adalah tanda-tanda datangnya musim panas!

Terus apa saja gizi dan manfaatnya dari buah yang satu ini?
Dalam 35 gram buah aprikot siap santap kalorinya hanya 17 kkal dan indeks glikemiknya medium. Adapun zat gizi yang terkandung dalam aprikot ialah vitamin C, vitamin A, potasium, tembaga, dan serat. Buah aprikot sangat terkenal sebagai sumber antioksidan yang sangat kaya. Lantas apa manfaatnya dari konsumsi buah aprikot?

Pertama bisa sebagai pelindung dari bahaya radikal bebas karena aprikot banyak mengandung antioksidan yang baik sekali bagi tubuh kita, di antaranya:

  • Quercetin
  • Proanthocyanidins
  • Catechins
  • Epicatechins
  • Hydroxycinnamics
  • Gallic acid
  • Caffeic acid
  • Coumaric acid
  • Ferulic acid 
Kedua, nutrisi dalam aprikot dapat melindungi kesehatan mata dari kerusakan, karena kandungan vitamin A-nya sangat diperlukan bagi mata serta adanya carotenoids dan xanthophylls.

Ketiga, selain sebagai sumber yang baik untuk kebutuhan serat, dalam aprikot ada yang dinamakan katekin atau catechins, zat ini berfungsi sebagai pelindung anti peradangan. Hmm... jadi, aprikot itu memang buah yang kaya gizi dan baik dikonsumsi. So, nggak ada salahnya kalau sesekali menjadikan aprikot sebagai bagian dari konsumsi buah pada suatu hari tertentu... atau jika Anda suka sarapan dengan roti tawar, bisa mencoba selai aprikot untuk tambahan pada roti Anda.

Adakah yang sudah mencoba buah aprikot :D

sumber gambar: ag03s.blogspot.com

1 komentar:

  1. saya belum pernah nih nyoba buah aprikot. tapi lihat fotonya kayak manisan atau permen gitu ya

    BalasHapus