Proud of

Proud of

Minggu, 18 Januari 2015

Penyuluhan Gizi

Tujuan dari penyuluhan adalah untuk meningkatkan keadaan gizi penduduk sebagai tujuan pengembangan nasional dan untuk mendukung keberhasilan program yang dilaksanakan di kementerian-kementerian. Pada hakikatnya perbaikan gizi akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sangat diperlukan dalam pembangunan nasional. Pada masa lalu, pelaksanaan kegiatan gizi melalui pendekatan tertentu dapat diterima dengan baik seperti misalnya: fortifikasi, ataupun pengembangan kerajinan tangan rumah tangga. Saat ini penyuluhan seharusnya dapat lebih diterima secara luas dengan menggunakan pengetahuan yang lebih kompleks dan tidak cukup dengan hanya satu program saja yang tidak berkaitan dengan program lainnya.

Adapun pendekatan-pendakatan yang harus dilakukan tiap negara satu dengan negara yang lainnya tidaklah sama. Data yang mencerminkan kesehatan bangsa seperti angka kematian bayi dan angka kesakitan dapat digunakan untuk mengetahui berapa jumlah penduduk yang tertinggal, di mana daerahnya dan apa penyebab-penyebabnya. Tidak semua penderita gizi kurang disebabkan oleh kebodohan ataupun kurangnya pengetahuan, sementara itu peningkatan GNP tahunan belum dapat menjamin mengatasi masalah gizi yang ada.

Pada akhirnya, para penyuluh harus menekankan bahwa perbaikan gizi tidak dapat dicapai hanya melalui program-program yang sederhana seperti memberikan makanan, tetapi harus memperhatikan faktor-faktor pengembangan dari faktor-faktor dasar seperti kredit, harga, upah/gaji, transportasi, perdagangan, internasional, dan kebijakan pendidikan.

Kelompok sasaran untuk rencana penyuluhan sangat luas meliputi pembuatan kebijakan, pegawai, pedagang, pemilik perkebunan, pemimpin daerah dan masyarakat umum. Program ini akan lebih efektif, bila melalui radio, TV, poster, dan media penyuluhan lainnya termasuk blog. Pesan-pesan perbaikan gizi mempunyai pengaruh yang besar bila melalui para pemimpin, hanya saja masih banyak pemimpin yang kurang memberikan perhatian penuh terhadap penyuluhan gizi.

Mudah-mudahan ke depannya, program penyuluhan gizi mendapatkan perhatian yang besar dari pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar