Proud of

Proud of

Sabtu, 29 November 2014

Menu Makan yang Sehat Menurut HSPH

Apa itu HSPH? Ianya adalah singkatan dari Harvard School of Public Health. Sebagai pusat kajian kesehatan di antaranya nutrisi. HSPH pun mengeluarkan semacam pedomanan yang pada dasarnya hampir sama dengan pedoman gizi seimbang sebagai diet resmi pemerintah.

HSPH menamai pedoman yang dikeluarkannya dengan tajuk Healthy Eating Plate semacam piring makan yang menyehatkan. Apa sajakah poin-poinnya?

Pertama piring yang sehat terdiri dari empat kuadrat di mana sayuran mendapatkan porsi yang paling besar, kemudian padi-padian sebagai makanan pokok utamanya, unsur protein, dan buah-buahaan.

Keempat kuadran tersebut memiliki sedikit catatan masing-masing, pertama, untuk sayuran utamakan sayuran hijau dari aneka jenisnya serta sayuran berwarna lainnya dan hindari konsumsi kentang secara berlebihan. kedua, untuk buah-buahaan pun sama konsumsilah buah-buahaan yang beragam dan utuh. ketiga, untuk protein utamakanlah dari sumber laut seperti ikan-ikanan ataupun ikan air tawar, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi daging merah secara berlebihan, jika tidak ada ikan bisa diganti dengan telur. keempat, untuk padi-padian dianjurkannya gandum utuh, tetapi beras putih atau merah juga tidak mengapa.

Apa itu saja? TIDAK. Ada catatan soal asupan minuman. HSPH tidak melarang kita mengonsumsi teh ataupun kopi asalkan dalam jumlah yang wajar dan kalau bisa tanpa gula. Dan dianjurkan supaya mengurangi konsumsi susu, cukup segelas maksimal 2 gelas susu per hari. Kalau haus, minum air mineral saja. Dan untuk jus, cukup satu gelas sehari dan kalau bisa tanpa gula ataupun susu.

Terus? SOAL MINYAK! Ini bukan perkara BBM Naik kok! Hehehe walaupun bahan pangan banyak yang naik juga, ya! Hiks... Apa sarannya? Gunakan minyak yang baik jika ada zaitun ataupun canola. Dan hindari lemak trans serta kurangi margarin.

Dan yang TERAKHIR! Stay ACTIVE! Ya, usahakan selalu beraktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari, berupaya olahraga, jenisnya banyaklah ya. Ya, itulah kurang lebih saran dari HSPH, agar kita semakin sehat. Selamat menerapkannya!

2 komentar: