Proud of

Proud of

Sabtu, 15 November 2014

Konsultasi Gizi: Adakah Panduan Diet Resmi dari Pemerintah?

Pertama-tama maksud diet di sini adalah pola makan. Hampir di setiap negara memiliki departemen ataupun kementerian kesehatan, dan melalui badan tersebutlah biasanya dikeluarkan semacam seruan berupa panduan untuk melakukan diet sehat agar menunjang kesehatan serta meminimalisir banyaknya orang yang jatuh sakit. Dahulu, Indonesia mengenal konsep 4 sehat 5 sempurna yang kini mungkin banyak anak sekolah masih diajarkan konsep diet sehat tersebut, padahal kini sudah diganti dengan PGS atau Pedoman Gizi Seimbang, karena mengikuti anjuran dari hasil konferensi pangan sedunia yang diselenggarakan oleh organisasi pangan dunia.

Secara singkat ada 10 pedoman diet resmi agar kita menjadi manusia yang sehat dan terhindar dari aneka penyakit. Dan kesepuluh hal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Konsumsilah makanan yang beragam
  2. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahaan
  3. Biasakanlah konsumsi makanan pokok yang beragam, jika makanan pokok Anda nasi dari beras, bisa diselingi dengan atau dicampur dengan jagung ataupun bekatul, saku, dll.
  4. Biasakan konsumsi lauk pauk yang berprotein tinggi, utamakan dari ikan-ikanan
  5. Batasi konsumsi pangan manis, asin, dan terlalu banyak lemak
  6. Biasakan sarapan pagi, walaupun hanya dengan sebutir telur rebus dan segelas susu atau sebuah pisang dengan seiris roti tawar
  7. Biasakan minum air mineral yang cukup dan aman tidak kotor, dimasak dulu jika bukan air mineral kemasan
  8. Biasakanlah membaca label pangan pada makanan berpembungkus agar tahu kandungan gizinya
  9. Cucilah tangan sebelum ataupun sesudah makan, memasak, dan memegang hewan peliharaan atau bermain bagi anak-anak
  10. Lakukan aktifitas fisik yang cukup minaml seminggu olahraga 30 menit ketahannnya. Dan pertahankan berat badan normal serta cukup tidur.
Itulah kurang lebih panduan diet resmi yang dapat diterapkan oleh masyarakat untuk menjaga kesehatannya tidak menurun dan agar terhindari dari  masalah gizi ganda yang banyak menerpa negara berkembang seperti di Indonesia. Negara belum selesai dengan masalah gizi kurang (kurang energi, marashmur, kwasiorkor, anemia, kurang Vit A, GAKY) dan sudah harus menghadapi masalah gizi lebih (obesitas, stroke, jantung, diabetes). Untuk itu, kita sebagai individu marilah kita mengupayakan dengan sepuluh langkah tersebut, agar sehat dan terhindar dari aneka permasalahan tersebut.

Demikian dan terima kasih. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar gizi bisa layangkan pertanyaan email taufiqfirdausalghifariatmadja@gmail.com dengan subjek #KonsultasiGizi.

6 komentar:

  1. makasih mas infonya, sangat bermanfaat, kiat kiat yang mas bagikan sangat sangat bermanfaat, salam kenal yaa, :)

    BalasHapus
  2. terimakasih mas,,ini aku banget deh,,makasih ya,,,

    BalasHapus
  3. Selain makanan pokok yg beragam, yg lainnya uda rutin dilakukan..

    BalasHapus