Proud of

Proud of

Senin, 24 November 2014

Konsultasi Gizi: Siapa yang Seharusnya Minum Susu Rendah Lemak?

Susu rendah lemak adalah ragam susu yang saat ini tengah populer apalagi di kalangan mereka yang fobia terhadap lemak atau memang bagi mereka yang tengah melakukan diet rendah kalori untuk menurunkan berat badan berlebih. Tidak jarang, karena iklan yang bombastis banyak orang beralih ke susu rendah lemak padahal berat badannya ideal dan tidak ada anjuran khusus untuk beralih ke susu rendah lemak.

Hanya ada satu alasan mengapa seseorang memilih susu rendah lemak karena kadar lemaknya lebih sedikit dibandingkan dengan susu full cream. Dan biasanya hal itu dilakukan karena dirinya mengalami berat badan berlebih sedangkan sebagaimana kita ketahui kalsium pada susu dapat membakar lemak dalam tubuh sebagaimana diungkap dalam The American Journal of Clinical Nutrition.

Bicara siapa yang seharusnya minum susu rendah lemak? Jawabannya adalah siapa yang saja yang memang tengah menjalani diet rendah kalori karena ingin mengurangi berat badan, baik itu pada orang dewasa maupun anak-anak. Tetapi, sebaiknya hindari susu tanpa lemak karena bagaimana pun lemak esensial pada susu tetap berguna bagi tubuh.

Pada dasarnya, Anda tidak harus meninggalkan susu full cream jika memang konsumsi lemak di luar susu dibatasi, kecuali Anda memang tidak bisa menahan diri untuk mengonsumsi pangan berlemak lainnya sedangkan kita harus memenuhi kalsium yang banyak dikandung oleh susu maka tidak ada pilihan lain selain memilih susu rendah lemak. Namun, kalau Anda tidak memiliki masalah dengan berat badan, sebaiknya minumlah susu segar ataupun full cream seperti biasanya, dan tetap konsumsi dalam jumlah wajar, dan jika haus minumlah air mineral.

Demikian. Jika ada pertanyaan silakan layangkan ke email taufiqfirdausalghifariatmadja@gmail.com dengan subjek #KonsultasiGizi

2 komentar:

  1. Rendah lemak biasanya rasa nya ngak enak bikineneg hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya, yang low fat dan tinggi kalsium rasanya memang cenderung netral gimana gitu hehehe

      Hapus