Proud of

Proud of

Kamis, 13 November 2014

Konsultasi Gizi: Saya Ingin Bertanya Mengenai Sarapan yang Baik itu Seperti Apa?

Suatu kali pernah ada teman mahasiswa yang bertanya tentang "sarapan yang baik itu seperti apa?" Secara umum saya katakan bahwa, intinya semua dikembalikan lagi ke prinsip gizi seimbang yang meliputi 3B yaitu Beragam, Bergizi dan Berimbang. Dimana dalam sekali makan termasuk sarapan harus terdapat macam-macam sumber zat gizi seperti karbohidrat, protein, sayur dan buah. Dan juga harus seimbang mana porsi yang harus banyak dan mana yang sedikit jangan sampai lebih banyak di salah satu sumber zat gizi saja.

Lantas yang bersangkutan mengeluh karena sebagai mahasiswa dirinya kadang repot untuk menyajikan sarapan yang sehat seperti itu sedangkan aktivitasnya cukup tinggi. Saya pun kemudian memberikan penjelasan seperti ini:  sebenarnya sarapan tidak harus yang “aneh-aneh” yang penting dapat memenuhi kebutuhan energi di pagi hari sebagai sumber untuk melakukan aktivitas. Simpelnya saudara dapat mengkonsumsi roti gandum dengan segelas susu tanpa gula tambahan. Karbohidratnya dapat, proteinnya dapat dan lemaknya pun dapat sebagai penunjang energi. Jadi jangan sampai saudara tidak sarapan hanya karena males nyari warung makan, saudara bisa bikin sendiri di kosan dengan cara yang lebih gampang. Atau sarapan dengan sebuah pisang juga termasuk menu yang sehat, karena pisang mengandung energi instan yang baik untuk kesehatan dan aktivitas kita.

Jadi, sarapan itu memang harus memenuhi 3B, tetapi yang jauh lebih penting adalah yang penting sarapan itu. Syukur-syukur terpenuhi 3B, namun makan satu jenis menu saja tetapi bergizi itu pun sudah lebih dari cukup. Tinggal nanti pas makan siang dipenuh 3B-nya secara maksimal.

Demikian. Jika pembaca ada sesuatu yang ingin ditanyakan, silakan layangkan pertanyaan ke taufiqfirdausalghifariatmadja@gmail.com dengan subjek #KonsultasiGizi, insya Allah jika ada waktu luang akan saya sempatkan untuk menjawabnya melalui email atau blog ini. Kerahasiaan terjamin.

Terima kasih.

4 komentar:

  1. Wah anak kos harus tahu ini :-)
    Makasih infonya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, saya juga masih ngekos kok. Hehehe belum kebeli rumah sendiri soal. *malah curhat*

      Hapus
  2. konsultasi gizi buat diet bisa ya mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Mbak mau diet rendah apa dan tujuan utamanya untuk apa, mungkin supaya lebih leluasa, lewat email saja, ya. Silakan, dan kalau mau kirim sebaiknya disertai keterangan juga ya, BB dan TB-nya Mbak saat berapa. Terima kasih

      Hapus