Proud of

Proud of

Rabu, 12 November 2014

Konsultasi Gizi: Jika Memang Ini Anemia, Kira-kira Apa yang Harus Saya Lakukan?

Seseorang menceritakan keluhan yang dialaminya kepada saya, katanya, "Akhir-akhir ini saya suka lemah, lesu dan seperti tidak semangat kalau beraktivitas. Wajah saya juga terlihat pucat. Kira-kira kenapa yah?" Secara singkat saya tanggapi begini: "jika melihat tanda dan gejalanya sepertinya saudara mengalami anemia. Karena jika kita lihat tanda dan gelaja anemia itu sendiri hampir sama dengan apa yang saudara alami sekarang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa saudara mengalami anemia. Namun harus diperiksa juga kadar hemoglobinnya untuk memastikan apakah saudara terkena anemia atau tidak."

Ternyata yang bersangkutan lantas bertanya kembali, "jika memang ini anemia, kira-kira apa yang harus saya lakukan?" Saya katakan, "Sebelumnya saudara harus mengetahui dulu anemia yang saudara alami sekarang termasuk ke dalam kategori anemia yang mana. Namun jika dilihat dari cerita saudara sepertinya mengalami anemia defisiensi zat besi. Anemia defisiensi zat besi adalah anemia yang disebabkan oleh kurangnnya persediaan besi untuk eritrosit, karena cadangan besi kosong sehingga persediaan hemoglobin berkurang. Dan dampaknya seperti yang dialami saudara saat ini."

Katanya lagi bertanya, "Lalu apa yang dapat saya lakukan agar kembali normal?" Dan solusi yang saya tawarkan adalah sebagai berikut: "Banyak hal yang dapat saudara lakukan untuk menanggulangi anemia seperti melakukan konseling kepada dokter ataupun yang memang ahli. Kemudian meningkatkan konsumsi zat besi dari sumber hewani seperti daging ikan dan unggas. Kemudian konsumsi suplemen zat besi dan yang terakhir skrining anemia."

Jika pembaca ada pertanyaan terkait konsultasi gizi silakan layangkan pertanyaan melalui email: taufiqfirdausalghifariatmadja@gmail.com dengan subjek #KonsultasiGizi, insya Allah kalau ada waktu luang saya akan jawab sekemampuan saya jika tidak melalui blog ini akan saya jawab langsung melalui email, kerahasian klien terjamin.

Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar