Proud of

Proud of

Rabu, 12 November 2014

Konsultasi Gizi: Saya Ingin Bertanya Mengenai Status Gizi

Pada satu kesempatan saya mendapati klien saudari Mardiana Ma’ruf yang mengajukan pertanyaan sebagai berikut: "Saya ingin bertanya mengenai status gizi saya apakah sudah baik ataukah belum? Soalnya temen-temen bilang kalau badan saya terbilang kurus."

Dan berikut ini jawaban saya terkait pertanyaan tersebut:

Untuk mengetahui status gizi Mba. Ada cara yang paling mudah yaitu dengan menghitung IMT atau Indexs Massa Tubuh. Dimana IMT ini melihat perbandingan berat badan dengan tinggi badan. Sebelumnya kita ukur terlebih dahulu berat badan dan tinggi badannya. Setelah diukur diperoleh TB 155cm dan BB 47kg. Kemudian kita masukan ke dalam rumus IMT diperolehlah IMT sebesar 20 kg/m2. IMT sebesar 20 kg/m2 masuk ke dalam kategori normal. Dan menanggapi perkataan temen-temennya, Mba harus percaya diri saja dengan tubuh Mba. Meskipun dibilang kurus, yang pentingkan status gizinya normal jadi tidak usah khawatir.

Tampilan atau pandangan dari seseorang terhadap orang lain soal kurus atau gemuk bukanlah jaminan yang menentukan status gizi seseorang, harus melalui pengukuran, tidak jarang, orang yang memiliki berat yang sama, tetapi kalau salah satunya lebih tinggi biasanya dia akan terlihat kurus, tetapi tidak lantas status gizinya jadi tidak ideal atau normal. Karena tetap harus dimasukkan ke dalam rumus terlebih dahulu. Meskipun pandangan umum tersebut kadang tidak jauh berbeda. Dan ada faktor-faktor lainnya mengapa seseorang dapat dikatakan tidak normal status gizinya.

Jika pembaca ada pertanyaan terkait konsultasi gizi silakan layangkan pertanyaan melalui email: taufiqfirdausalghifariatmadja@gmail.com dengan subjek #KonsultasiGizi, insya Allah kalau ada waktu luang saya akan jawab sekemampuan saya jika tidak melalui blog ini akan saya jawab langsung melalui email, kerahasian klien terjamin.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar