Proud of

Proud of

Minggu, 23 November 2014

Konsultasi Gizi: Benarkah Sarapan Pagi Bikin Otak Cemerlang?

Ada pepatah, kalau mau pintar harus belajar. Itu memang tidak salah, tetapi, otak sebagai salah satu organ vital manusia yang berfungsi mengolah pelajaran itu juga membutuhkan asupan zat gizi agar optimal. Dari segi litelatur memang tidak banyak yang membahas soal hubungan sarapan dengan mekanisme menikmatkan kemampuan kognitif baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Tetapi, kandungan gizi yang didapat dari sarapan sangat berpengaruh pada kemampuan memori dan kinerja seseorang.

Artinya, tetap ada hubungan antara sarapan dengan kemampuan otak. Selain sebagai tanggungjawab kita masing-masing untuk memberikan asupan sari-sari makanan saat memulai hari, sarapan memang dapat meningkatkan kemampuan memori spasial kita. Serta membuat kita semakin fokus dalam memecahkan suatu masalah.

Hal itu sebagaimana diungkap oleh Mahoney et al dalam penelitiannya terhadap anak-anak dari usia 6 tahun sampai 13 tahun, kesemuanya mengalami peningkatan setelah membiasakan sarapan selama 3 minggu. Dengan begitu, tentu akan semakin baik kalau terus membiasakan sarapan. Hanya saja, sarapan tidak boleh berlebihan agar tidak malah ngantuk. Biasa saja tetapi gizinya tinggi. Misalnya, telur (baik digoreng ataupun direbus) dan segelas susu, itu sudah lebih dari cukup.

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun justru sebaiknya sarapan. Sebab aktivitas memulai hari itu butuh energi, bahkan mau puasa saja, ajaran agama menyuruh sarapan dulu di waktu sahur. Jadi tidak salah memang anggapan bahwa sarapan pagi membuat otak lebih cerdas berpikir!

Maka dari itu, mari untuk orang tua agar mengajarkan anak-anaknya untuk gemar sarapan, setidaknya itu sudah menjadi salah satu cara orang tua mempersiapkan otak anak yang maksimal agar saat belajar fungsinya dapat diberdayakan secara lebih baik. Dan hasilnya, kecemerlangan berpikirkan akan didapatkannya. Setidaknya, kita tidak akan mudah pikun jika selalu sarapan. :)

Jika ada pertanyaan, silakan layangkan ke email taufiqfirdausalghifariatmadja@gmail.com dengan subjek #KonsultasiGizi. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar