Proud of

Proud of

Senin, 17 November 2014

Konsultasi Gizi: Kalau Lagi Diare Baiknya Konsumsi Apa?

Dahulu, seorang bernama Sa’di Gulistan pernah ngomong begini: “Apapun yang dibuat dengan tergesa-gesa akan keluar dengan tergesa-gesa pula.” Begitulah kurang lebih kondisi dari diare. Umumnya dikarenakan asupan yang tidak terjaga keamanannya, misalnya karena minum es yang dibuat dari air mentah, atau memakan makanan yang dimasak tidak memperhatikan kebersihan. Mengapa? Karena diare umumnya disebabkan oleh makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh bakteri jahat. Sekalipun bahan-bahan makanan itu halal dan menyehatkan kalau saat pengolahannya tidak memperhatikan aspek keamanan pangan jatuhnya akan buruk bagi kesehatan, misalnya, Anda membuat ketoprak ataupun gado-gado dari aneka sayuran yang sehat dan baik bagi tubuh, tetapi kalau tidak dicuci bersih dulu, dan air tambahan untuk mengulek sambal kacangnya tidak bersih dan matang, niscaya kita akan terkena diare kalau mengkonsumsinya!

Secara bebas diare dapat diartikan sebagai suatu kondisi terus-menerus keluarnya kotoran dalam penampakaan yang cair  atau lembek. Diare terjadi jika cairan yang ada di dalam usus kecil dengan cepat mengalir ke usus besar sehingga cairan tersebut tidak diserap dengan memadai dan kemudian dikeluarkan. Tetapi pada dasarnya, sebagaimana dengan muntah, diare itu sesuatu yang normal, semacam pertahanan tubuh dalam rangka mengeluarkan racun, bakter, dan hal-hal yang berbahaya lainnya. Faktanya adalah, dalam kotoran orang yang tidak diare persentasi bakterinya hanya 10 persen, sedangkan pada pasien diare bisa meningkat berkali-kali lipat.

Tetapi umumnya diare yang ringan akan berhenti dengan sendirinya jika bakteri jahat itu semuanya sudah terbuang. Namun, kalau lebih dari dua hari berturut-turut diare dan penampakannya disertai darah ataupun berwarna hitam gelap, sebaiknya hubungi dokter, karena takutnya ada masalah dengan usus si penderita diare. Hati-hati dalam mengkonsumsi obat penghenti diare, karena kalau kita tidak berpola diet sehat, yang ada, diarenya beres, setelahnya kita malah terkena sembelit atau susah buang air besar!

Dan soal pertanyaan, makan apa sebaiknya kalau saat diare. Pada dasarnya, silakan makan makanan yang sehat, tetapi pastikan keamanannya terjaga, bersih, dan matang proses pemasakannya, jadi tidak ada kontaminasi pada makanan ataupun minuman yang hendak kita konsumsi. Tidak hanya itu berikut ini anjuran konsumsi yang baik saat berhadapan dengan diare:

·         Perbanyak minum air putih yang bersih dan matang. Selingi dengan oralit atau tambahi sedikit garam pada minuman

·         Konsumsilah buah dengan dijus, karena makanan padat akan sulit diserap saat diare. Jadi, yang terbaik adalah konsumsi dalam bentuk lembek ataupun cair

·         Minumlah jika mau, rebusan kayu manis dan lada merah yang dimasak selama 20 menit, dan minum 2 sendok setiap satu jam

·         Makanlah PNSRY, atau pisang, nasi putih, saos apel, roti panggang, dan yogurt

·         Makanlah sup miso ataupun yogurt dengan buah-buahaan. Dan minumlah bakteri baik

·         Konsumsilah rumput laut jika ada

·         Masaklah makanan dengan ditambah dengan bawang putih, karena bersifat antibakteria

·         Hindari konsumsi dari kopi, teh, dan alkohol saat diare, karena dapat memperparah

·         Selama diare, jangan dulu konsumsi susu

·         Hindari mengkonsumsi permen utamanya permen karet saat diare karena mengandung gula yang dapat memicu diare lebih parah

·         Perbanyaklah rileks. Dan ada baiknya berpuasa saat diare. Khususnya untuk diare yang tidak akut.


Itulah kurang lebih yang dapat diterangkan terkait konsumsi yang baik saat diare dan beberapa hal yang harus dihindari saat diare. Jika memang tidak bisa bersabar dan bertahan karena diare bisa langsung hubungi dokter sejak saat Anda yakin bahwa Anda terkena diare. Dan setelahnya, perhatikanlah asupan konsumsi Anda, jangan jajan sembarangan di tempat yang tidak terjamin kebersihannya.

Demikian dan terima kasih. Jika ada pertanyaan soal kegizian dan kesehatan pada umumnya, silakan layangkan pertanyaan ke email taufiqfirdausalghifariatmadja@gmail.com dengan subjek #KonsultasiGizi.

sumber gambar seribubunga.com

2 komentar:

  1. Ternyata makan yogurt dengan buah-buahan bisa aman dikonsumsi saat diare ya..? Kirain rasa asamnya bisa memperparah diarenya.. he..he. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya, yogurt itu banyak bakteri baiknya yang dapat melawan bakteri jahat penyebab diarenya :)

      Hapus