Proud of

Proud of

Sabtu, 15 November 2014

Konsultasi Gizi: Buah-buahan Apa yang Menyehatkan?

Kalau Anda pernah dengar, ada pepatah yang bunyinya an apple a day make you healthy! yang artinya kurang lebih, konsumsi sebuah apel dalam sehari menjamin kesehatan kita. Tetapi, secara umum, semua buah-buahan itu baik karena umumnya mengandung serat, apalagi bagi mereka yang tidak ada problem kesehatan berarti biasanya tidak ada pantangan mengkonsumsi buah tertentu. Ya, walaupun ada juga buah yang tidak boleh dikonsumsi contohnya buah berenuk atau buah beracun lainnya. Tapi, yang sehat pun tidak hanya Apel. Berikut ini beberapa buah yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai bagian dari diet kesehatarian Anda.

APEL

Apel kaya karbohidrat dan kaya serat. Apel mengandung flavonol bernama quercetin yang menurut beberapa penelitian bersifat antikanker. Zat tersebut juga memunyai fungsi antiradang sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit arthritis. Sedangkan kandungan zat gizinya, apel kaya vitamin C walaupun tidak sebanyak jeruk maupun rambutan.

Stroberi

Buah ini mengandung asam elagis yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang ampuh. Dalam beberapa penelitian, asam elagis terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, esofagus, payudara, serviks, dan lidah. Sebagai herbal stroberi juga dapat digunakan sebagai antibakteri pada sistem pencernaan. Dan mengandung vitamin C.

Pisang

Buah ini merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan sehingga pisang cocok untuk diet, membuat kita rileks, dan dapat mengurangi stres. Dan pisang juga memiliki khasiat herbal untuk mengobati bisul perut. Dan sangat kaya akan kalium.

Melon

Melon memiliki kadar gula yang tinggi dan mengandung lycopene yang berfungsi sebagai antikanker. Untuk melon merah dan oranye memiliki fungsi sebagai pelindung sel dari bahaya radikal bebas dan dapat dijadikan vitamin A kandungan karotenoidnya. Dan mengandung vitamin C. Ada baiknya tidak terlalu banyak, karena tinggi kadar gula.

Jeruk

Buah ini mengandung senyawa fitokimia yang disebut hesperidin yang berfungsi sebagai antioksidan. Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan termasuk buah rendah serat. Selain itu jeruk juga sumber vitamin C dan asam folat yang baik.

Mangga

Buah ini mengandung karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, sebuah antioksidan yang dapat mencegah terjadinya beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker sumsum tulang. Selain juga banyak mengandung serat dan vitamin C.

Kiwi

Buah yang dapat mengikat sel kanker. Satu buahnya sudah dapat mencukupi kebutuhan vitamin C orang dewasa dalam sehari. Kadar klorofilnya juga tiingga, yang menyebabkan buah ini tampak hijau.

Anggur

Kulit anggur mengandung senyawa fitokimia yang bernama resveratol yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung. Untuk itu, konsumsilah anggur dengan kulitnya. Selain juga juga berfungsi sebagai antikanker, antibakteri, serta antioksidan. Tetapi kandungan vitamin C-nya rendah.

Pilihlah Buah segar yang Lokal!
Itulah kurang lebih buah-buahan yang baik dikonsumsi dalam diet keseharian. Semoga bermanfaat. Dan jika Anda ada yang ingin ditanyakan soal permasalahan gizi, silakan layangkan pertanyaan ke email taufiqfirdausalghifariatmadja@gmail.com dengan subjek #KonsultasiGizi

sumber gambar di sini.

4 komentar: