Proud of

Proud of

Jumat, 06 Juni 2014

9655 Puskesmas di Indonesia

Pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, ini adalah satu upaya negara dalam hal pemerataan akses kesehatan bagi warganya. Sejauh ini, berdasarkan Aplikasi Komunikasi Data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada kurang lebih 9655 puskesmes di seluruh Indonesia hingga Juni 2014. Jumlah itu termasuk puskesmas yang mengalami perawatan maupun yang non perawatan.

Dan Jawa Barat adalah satu-satunya propinsi di Indonesia yang memiliki jumlah puskesmas sampai seribu unit, tepatnya 1050 unit puskesmas di mana 874 di antaranya belum mengalami perawatan khusus dari pemerintah. Ini jelas sangat memperihatinkan, berarti hanya 176 puskesmas di Jawa Barat yang dapat dikatakan layak. Hal itu jelas jauh dari standar kebutuhan, di mana penduduk di Jawa Barat cukup besar dibandingkan dengan propinsi lainnya. Dan yang terbaik memang, setiap kecamatan atau bahkan kelurahan memiliki puskesmasnya sendiri-sendiri, yang terawat.

Di kepulauan bangka belitung jumlah puskemas hanya 60 unit, itu termasuk yang non perawatan. Di tengah banyaknya penyakit yang masih menghantui, kondisi puskesmas seharusnya lebih diperhatikan karena unit-unitnya adalah ujung tombak penyelamatan warga negara yang sakit, termasuk dalam hal sosialisasi kesehatan. Tanpa puskesmas jelas sekali pendidikan kesehatan bagi masyarakat akan pincang. Dan selain kondisi yang seharusnya layak, stok obat-obatan di puskesmas pun haruslah yang berkualitas dan jumlahnya harus mencukupi jangan sampai kosong. Dan tenaga medisnya harus yang benar-benar berkompeten sebagaimana di rumah sakit pada umumnya. Jangan hanya dijadikan ajang tempat magang belaka.

Jika puskesmas diupayakan betul-betul perannya, pemerintah tidak perlu khawatir dengan masih kurangnya rumah sakit milik pemerintah ataupun rumah sakit pendidikan, karena dengan puskesmas yang ada, hal-hal yang lebih membahayakan masyarakat dapat diccegah. Bukankah hidup sehat lebih hemat dibandingkan upaya penyembuhan? Utama dari tugas puskesmas adalah pengentasan ketidaktahuan masyarakat akan pentingnya hidup sehat. Utamanya asupan gizi seimbang bagi mereka... Ya, semoga saja ke depan peran puskesmas lebih berarti. Mari, kita sebagaimana masyarakat jangan ragu datang ke puskesmas terdekat! []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar