Proud of

Proud of

Kamis, 12 Juni 2014

5 Zat Bikin Anak Sehat!

Sejak dini anak-anak seharusnya diperkenalkan terhadap makanan mereka. Sebagaimana ada peribahasa tak kenal maka tak sayang, sudah waktunya anak-anak mengenali makanan mereka. Misalnya, tentang apa sih makanan itu? Kita bisa menjelaskan kepada anak-anak sebagai berikut: makanan adalah semua bahan pangan yang berasal dari hewan ataupun tumbuhan, yang bisa dimakan dan halal serta berguna bagi tubuh kita. Dari situ tentu anak-anak akan timbul rasa penasaran tentang apa saja kelompok makanan yang sehat itu.

Secara umum kita bisa mengelompokkan penjelasan makanan sehat itu kepada lima jenis zat. Di mana kelimanya itu sudah seharusnya dikonsumsi secara seimbang, khususnya bagi anak-anak. Adapun kelima jenis zat tersebut adalah sebagai berikut:

  • KARBOHIDRAT: Zat gizi yang satu ini adalah sumber tenaga ataupun energi yang kita butuhkan untuk beraktivitas sehari-hari. Bahan pangan sumber karbohidrat di antaranya nasi, ubi jalar, kentang, singkong, jagung, dan lainnya. Nah, anak-anak baiknya tidak hanya diberikan satu jenis pangan sumber karbohidrat, para ibu bisa melakukan upaya kombinasi ataupun variasi menu makanan sumber karbohirdatnya.
  • PROTEIN: Zat gizi yang satu ini adalah zat gizi pembangun untuk tubuh kita. Protein terdiri dari dua jenis, yaitu protein nabati yang berasal dari tumbuhan, contohnya tahu, tempe, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lainnya. Terus protein yang kedua adalah protein hewani, yang berarti proteinnya bersumber dari hewan. Contohnya telur, daging ayam, daging sapi, susu, keju, ikan, dan lainnya. Nah, kita, khususnya anak-anak perlu mendapatkan kedua jenis protein tersebut, baik nabati maupun hewani.
  • LEMAK: Nah, anak-anak juga butuh lemak lho! Lemak di sini adalah zat gizi sumber tenaga yang terdiri dari 2 jenis yaitu lemak hewani, misalnya mentega, gajih, dan lainnya. Dan lemak nabati contohnya minyak goreng, margarin, dan lainnya.
  • VITAMIN dan MINERAl: Kedua zatnya ini adalah zat pengatur fungsi dan kerja organ tubuh kita. Bahan pangan sumber vitamin dan mineral utamanya adalah buah-buahan dan sayuran.
  • AIR: Nah yang ini juga sangat penting bagi kita utamanya juga anak-anak yang memiliki aktivitas yang tinggi. Dari situ maka jangan minum ketiga haus saja. Tetapi ada interval khusus, nggak sekaligus 8 gelas sekali minum. Misalnya beberapa jam sekali kita minum. Dan tentu saja, air tidak hanya air mineral, bisa juga didapatkan dari buah-buahan yang banyak mengandung air, atau ketika ibu memasak sayur yang berkuah, itu pun baik bagi tubuh kita.
 Nah, sangatlah perlu kita untuk memperkenalkan kelima jenis zat yang dibutuhkan oleh kita dan juga anak-anak. Sehingga mereka dikemudian hari akan lebih aktif dan selektif dalam memilih makanannya. Utamanya, agar porsi dan menu makannya seimbang. Nggak cuma karbohidrat, tetapi kelimanya. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar