Proud of

Proud of

Rabu, 12 Februari 2014

Radiasi Laptop dan Perilaku Hidup Sehat

Dengan berkembangnya teknologi, banyak yang kini sudah tidak lagi menggunakan PC, dan beralih ke laptop. Namun, dari kemudahan alat komunikasi tersebut ternyata tidak lepas dari sesuatu yang seharusnya, kita merasa khawatir untuk itu. Salah satunya soal radiasi laptop. Alat yang satu ini memang bentuknya mudah dibawa ke mana-mana, dan sampai saat ini keringannya pun beragam, dan yang ternyaman kebanyakan para pengguna laptop sering menaruh laptopnya dalam bentuk dipangku, ditaruh di paha sambil bersila misalnya. Apakah itu aman? Selain radiasi, dari sana pun sebenarnya bisa timbul panas yang dapat membahayakan kulit kita. Seperti diberitakan oleh Dailymail.co.uk:

Balancing your laptop on your knees could cause permanent discolouration of the skin and, in rare cases, cancer, doctors have warned.
The heat generated by the computers can cause a nettle sting-like rash – a condition named ‘toasted skin syndrome’.
 
Selain masalah kulit, khususnya bagi kaum laki-laki, dapat menurunkan kesuburan dari sperma yang dihasilkannya. Ini bahaya banget dong, ya! Untuk itu memang kita harus bisa lebih baik lagi dalam memosisikan diri saat menggunakan laptop, usahakan jangan dipangku saat menggunakan laptop, walaupun itu yang paling nyaman. Ada baiknya gunakan prisai kipas yang di bawahnya untuk mengurangi efek panas, tetapi memang itu tidak mengurangi radiasi yang ditimulkan laptop. Beberapa perusahaan memang sudah membuat alat untuk menangkal hal itu, semacam prisai dari DefenderPad. Jika memang belum memiliki itu, kita bisa mengurangi intensitasnya, jangan sampai 24 jam berhadapan terus dengan laptop. Lebih dari itu, kita bisa mulai dengan pencegahan dengan bergaya hidup sehat, minum air mineral yang cukup, olahraga, dan makan-makan yang bergizi seimbang. Jarak baca dengan laptop atau PC-pun harus diperhatikan. Atau memang perlu juga dalam seminggu atau beberapa minggu ada hari tanpa laptopnya. Hehehe kalau bisa, ya! Walaupun ini sulit banget rasanya. Hehehe

Well, jangan sampai kita terlalu terbuai dengan ngeblog atau blogwalking hingga sampai lupa pada kesehatan sendiri. Apalagi untuk mereka yang suka main game online, ya, yang kadang sampai lupa untuk makan, minum, atau tidur, sampai banyak yang lupa waktu dan lupa mandi kalau kata temen aku mah hehehe. Harus dibarengi dengan perilaku hidup sehat tuh. Dan sebagaimana prinsip hidup sehat, segala yang ada manfaatnya kalau berlebihan nggak baik juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar