Proud of

Proud of

Kamis, 16 Januari 2014

Penyadapan Marak, Internet Rusak

Adalah Sascha Lobo, seorang blogger, penulis dan konsultan internet serta komunikasi yang mengatakan bahwa "internet sudah rusak." Tentu saja itu pernyataan yang aneh, di tengah aku masih bisa ngeblog dan ngenet ini, apanya yang rusak? Ternyata ini soal keterjagaan dari privasi data-data yang kita miliki. Atau tingkat keamanannya.

Dikatakan olehnya bahwa maraknya penyadapan sekarang ini yang dilakukan oleh dinas rahasia di pelbagai negara juga pihak pemerintah terhadap rakyatnya sendiri yang mana mereka adalah orang biasa, seperti aku ini, adalah sesuatu yang sangat fatal. Seharusnya, internet digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat bukan malah digunakan untuk mengintai menyadap orang lain. Memang aneh, di tengah upaya terbukanya banyak negara untuk membebaskan warganya berpendapat, ternyata mereka tetap tidak mau kehilangan kuasa atau kontrol, sehingga segala kemungkinan atas data-data yang dapat diperoleh, akan mereka cari. 

Hal itu jelas melanggar hak asasi, di mana data-data yang kita simpan di internet yang memang menuntut terjaga kerahasiannya seharusnya memang benar-benar aman. Ah, persaingan memang tak akan pernah usai, dan penguasa bagaimana pun memang tidak ingin jatuh sehingga melakukan segala cara agar dapat memata-matai kita. Haruskah kemudian kita berhenti bersuara melalui internet? Tentu saja tidak!

Kita malah harus terus memberikan tekanan politis, dengan bersuara. Itu juga yang diharapkan oleh Sascha Lobo agar masyarakat berperan aktif untuk terus bersuara agar tidak ada penyadapan data-data melalui internet. Selebihnya, ada baiknya kita sebagai pengguna internet harus bertanggungjawab dalam hal penggunaan, karena tak ada yang tanpa risiko. Di tengah adanya negara yang merasa internet milik mereka, kita buktikan bahwa internet penggunaan dan pemanfaatannya bisa kita gunakan secara maksimal dan bertanggungjawab untuk kebermanfaatan bersama. []


Tidak ada komentar:

Posting Komentar