Proud of

Proud of

Rabu, 15 Januari 2014

Nggak Ada Salahnya Menambah Penggugah Selera (MSG)

Manusia secara umum memang lebih menyukai makanan yang memiliki rasa gurih, dan citarasa tersebut sudah diberikan sejak bayi, di mana pada air susu ibu yang kita minum waktu bayi itu mengandung glutamat. Dan semakin berfungsinya dan berkembangnya kita, tubuh memproduksi glutamatnya sendiri dan itu paling banyak terdapat pada otak dan otot.

Lalu, apakah yang terkandung dalam MSG sehingga harus dihindari yang mana sebenarnya tidak perlu dihindari itu? MSG terdiri dari glutamat, sodium dan air yang semuanya adalah zat gizi. MSG dibuat dari glutamat yang berasal dari bahan alami (jagung, tetes tebu, singkong dll) dan dikristalkan dengan menambahkan sodium. Jadi MSG dibentuk oleh tiga zat gizi, tidak ada zat lain yang membentuk MSG. Kegunaannya pun sama seperti halnya garam, gula, dan bumbu penggugah selera lainnya. Sehingga tidak perlu khawatir dengan makanan yang mengandung MSG, dalam peraturan pun MSG itu diperbolehkan dengan batas maksimum penggunaan secukupnya, sewajarnya sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaannya. Karena kalau berlebihan memang nggak baik juga.

Jadi, nggak ada salahnya menambahkan MSG pada makanan sebagai penggugah selera, khususnya bagi anak-anak yang kadang memang lebih suka pada makanan yang bercitarasa umami atau gurih, hanya saja secukupnya saja.

2 komentar:

  1. emang sih engga apa2 gan , tpi kalo keseringan dan kebanyakan bisa bahaya buah tubuh juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sebab kelebihan zat gizi sama buruknya dengan kekurangan zat gizi :)

      Hapus