Proud of

Proud of

Rabu, 11 Desember 2013

Karbohidrat, Protein, dan Lemak

Ketiga jenis zat gizi seperti dimaksud dalam judul termasuk ke dalam zat gizi makro. Hal ini berarti, ketiganya diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak. Karena dari ketiganyalah tubuh mendapat energi untuk kemudian dapat beraktivitas, membentuk dan memelihara jaringan sel-sel tubuh, dan sebagai pengatur sistem di dalam tubuh kita. Berikut ini sedikit tentang manfaat dan sumber dari ketiga zat gizi tersebut:

Karbohidrat: Manfaatnya sebagai sumber energi bagi tubuh. Zat gizi ini terdapat dihampir makanan pokok seperti beras, kentang, jagung, sagu, singkong, dan lainnya, serta gula. Untuk itulah, kita perlu sesekali mengganti atau menggilir makanan pokok agar tidak hanya pada satu sumber saja, misalnya selalu beras.

Protein: Manfaatnya dapat membangun dan memelihara jaringan tubuh, berperan dalam pembentukan antibodi atau zat kekebalan tubuh, membantu keseimbangan air dalam tubuh. Adapun sumber zat gizi protein hewani dapat kita peroleh dari ikan segar, telur, daging ayam, daging sapi, susu sapi, keju, dan lainnya. Sedangkan protein nabati banyak terdapat dalam kacang-kacangan semisal kedelai, kacang hijau, tempe, tahu, dan oncom.

Lemak: Manfaatnya sebagai penghasil energi bagi tubuh, melindungi organ penting (jantung dan ginjal) juga janin dalam perut ibu hamil, memelihara subuh tubuh dan sumber asam lemak penting (omega 3, omega 6, DHA), yang membantu proses pembentukan sel saraf balita ataupun janin di masa kehamilan. Dan sumber lemak bisa kita dapati dalam minyak tumbuh-tumbuhan; kelapa, kelapa sawit, kacang tanah, kacang kedelai, jagung, dan sebagainya), margarin, mentega, daging sapi, daging ayam, dll.

Zat gizi mikro memang dibutuhkan dalam jumlah banyak dan hampir setiap hari kita memerlukannya, tetapi jangan sampai terlalu berlebihan ataupun kurang, karena itu akan berakibat tidak baik bagi kondisi tubuh kitanya. []




Tidak ada komentar:

Posting Komentar