Proud of

Proud of

Selasa, 10 Desember 2013

Dahulu Empat Sehat Lima Sempurna, Kini Pedoman Gizi Seimbang (PGS)

Empat sehat lima sempurna, semboyan tersebut tentu tidak asing lagi bagi kita masyarakat Indonesia, di mana untuk hidup sehat maka asupannya itu harus berasaskan pada hal itu. Tetapi kini, dalam pandangan ilmu gizi yang dikenal adalah istilah Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Lalu apa pula yang dimaksud dengan PGS?

Pedomanan Gizi Seimbang yaitu susunan makanan sehari-hari yang mengandung gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau varian makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan ideal. Di samping kanan dapatlah kita lihat gambaran yang dimaksud dengan gizi seimbang. 

Kemudian apa sajakah prinsip dari gizi seimbang itu? Pertama, membiasakan diri untuk mengkonsumsi beraneka ragam makanan, kedua mempertahankan berat badan ideal bagi dewasa dan berat badan normal bagi bayi dan balita, ketiga aktif berolahraga serta aktivitas fisik lainnya,, keempat memperhatikan porsi makanan seimbang dengan kebutuhan menurut aktifitas, usia, keadaan biologis, penyakit, dan budaya, kelima menjaga keamanan pangan yang akan dikonsumsi. (dalam AMG- CONNECT, 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar