Proud of

Proud of

Rabu, 01 April 2015

Puasa Mencegah Penyakit Kulit

JAMAL Muhammad Elzaky dalam karyanya fushuul fii thibb al-rasuul memaparkan bahwa puasa bermanfaat untuk menyembuhkan pelbagai macam penyakit kulit dan mencegahnya. Sebab puasa mengurangi kadar air dalam darah sehingga kadar air pada jaringan kulit pun berkurang. Keadaan itu menyebabkan beberapa kondisi berikut:
  • Meningkatnya pertahanan kulit dan perlawanannya terhadap mikroba dan bakteri
  • Berkurangnya kemungkinan penyebaran penyakit kulit dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya, misalnya gatal-gatal
  • Mengurangi gejala penyakit alergi serta mengurangi penumpukkan lemak pada jaringan kulit
  • Berkurangnya zat-zat yang menyebabkan luka tetap basah dan bernanah
Beberapa penyakit kulit termasuk alergi seringkali disebabkan oleh gangguan pada fungsi pencernaan dan metabolisme terutama sekresi pelbagai zat di dalam sistem pencernaan. Ketika kita berpuasa menahan dari makanan maupun minuman selama beberapa waktu, sistem pencernaan dan sekresi kita akan bekerja dengan baik, begitu pula proses penyerapan pelbagai zat yang dibutuhkan sel akan berjalan lancar. Sistem kekebalan tubuh akan mengusir dan melindungi tubuh dari pelbagai materi asing sehingga ia terbebas dari penyakit alergi, baik alergi kulit maupun alergi pernapasan dan penglihatan. Karena itu puasa sangat bermanfaat untuk menyembuhkan pelbagai penyakit kulit karena penyakit kulit menyebar dengan cepat pada jaringan kulit yang mengandung terlalu banyak air dan cairan lain seperti lemak atau minyak.

Namun begitu pada penderita kanker kulit serta penyakit lupus, ia tidak dianjurkan untuk memaksakan dirinya untuk berpuasa. Karena puasa hanya diwajibkan bagi mereka yang secara fisik kuat dan dalam rangka pencegahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar