Proud of

Proud of

Minggu, 29 Maret 2015

Kunci Sehat dengan Salat

SEHAT dengan SALAT. Hal ini sudah banyak dibahas baik di blog-blog ataupun buku-buku, begitupun dalam banyak jurnal penelitian. Salat seperti "yoga untuk semua" yang sangat menyehatkan dan mudah dilakukan. Tetapi pernahkah kita mendengar suatu kisah tentang seorang lelaki yang mendirikan salat lalu rasulullah melihatnya dan setelah laki-laki itu selesai rasulullah berkata: ulangilah salatmu karena engkau belum melaksanakannya.

Usut punya usut, ternyata si laki-laki itu mendirikan salatnya dengan cepat serta tergesa-gesa alias sistem salat dengan ngebuutt. Padahal, menurut rasulullah gerakan-gerakan salat itu harus disertai tumakninah. Dan inilah salah satu kunci penting dalam salat agar menyehatkan tubuh kita. Sebagaimana yoga ataupun olahraga lainnya yang memiliki aturan agar tidak cedera mulai adanya pemanasan serta pendinginan, maka dalam salat pun sebagai suatu rangkaian aktivitas fisik ataupun olahraga ringan namun menguntungkan bagi kesehatan diperlukan yang namanya tumakninah, jeda-jeda antargerakan, sehingga salat kita tidak seperti ayam yang mematuk makanannya alias cepet banget!

Masih nggak percaya kalau salat cepet itu berbahaya? Berikut ini ada sedikit ringkasan kajian medis yang menerangkan bahwa salat yang dilakukan secara tergesa-gesa tanpa tumakninah bisa membahayakan tubuh karena: gerakan yang tergesa-gesa akan mengangetkan jaringan otot. Gerakan yang cepat akan menaikkan tekanan darah serta detak jantung. Sujud dan rukuk yang buru-buru bisa membuat cedera sendi. Gerakan salat yang ngebut padahal kita barus saja makan akan menghambat metabolisme dalam sistem pencernaan kita. Salat yang tergesa-gesa bisa bikin nyeri punggung, dan lainnya. Itu semua jelas tidak kita inginkan bukan? Dan sama halnya dengan olahraga lainnya, salat pun punya atuaran ataupun kunci agar menjadi berfaedah bagi tubuh kita.

Bahkan seharusnya, salat itu diliputi ketenangan, bukan ketegangan ingin buru-buru selesai. Percayalah, tumakninah tidak akan makan waktu banyak,, yang penting jangan ngebut, cepet-cepet, hanya menyediakan sedikit jeda di antara gerakan, jadi jangan main langsung begini dan begitu. Toh kita sedang menghadap Tuhan, ngapain buru-buru banget? Istilahnya. Sedangkan malaikat maut menghadap ke arah wajah kita sebanyak tujuh puluh kali dalam sehari menurut suatu riwayat.

Dan kunci lain dari sehat dengan salat, ialah gizi seimbang. Salat adalah bagian dari aktivitas fisik yang menarik, unik, dan berfaedah, namun begitu jangan melupakan diet keseharian kita yang harus seimbang. Ok, salam sehat dengan salat yang disertai tumakninah.

1 komentar:

  1. selain beribadah juga sehat ya
    semoga bisa selalu beribadah dg baik

    BalasHapus