Proud of

Proud of

Rabu, 25 Maret 2015

Manfaat Bangun Pagi bagi Kesehatan

TIDAK hanya bangun pagi, dalam Islam kita malah dianjurkan untuk bangun pada sepertiga malam untuk melaksanakan salat tahajud itu berarti bangun di awal fajar. Menurut Dr. Abdurrazzaq al-Kailani (1996) semestinya kita umat Islam harus bangun pada awal pagi, bahkan pada sepertiga malam terakhir untuk mendirikan salat malam agar jiwa kita diliputi ketenangan dan kenyamanan serta tubuh kita tetap dalam keadaan sehat, bugar, dan penuh semangat. Bahkan menurut Neursch De, salah satu peneliti asal Prancis mengatakan bahwa bangun pagi akan membuat seseorang sehat, kaya, dan pintar!

Di lain kesempatan Dr. Al-Rawi sebagaimana dikutip oleh Dr. Mishbah Sayyid Kamil mengatakan, sebenarnya udara pagi yang berembus di waktu fajar memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan tubuh manusia karena udara pada waktu seperti itu kaya dengan oksigen, dan kita mengetahui bahwa zat itu sangat penting bagi kesehatan saraf, perasaan, jiwa, dan juga fungsi jaringan tubuh serta pikiran.

Dalam banyak tradisi waktu fajar adalah waktu yang tepat untuk melatih konsentrasi belajar karena suasananya hening dan murni, terlebih lebih meresap ke otak karena kita melakukan olahraga dalam salat yang mengalirkan darah ke otak kala sujud. Bahkan Allah melebihkan waktu fajar dengan waktu lainnya dalam firmannya yang menyatakan bahwa saat itu adalah saat yang disaksikan oleh malaikat.

Tentu kita ingin mendapatkan doa malaikat yang mendukung ketika melihat atau menyaksikan kita tengah bersungguh-sungguh baik belajar ataupun menghafal al-quran atau sekadar bertafakur. Dan lagi sangat cocok bagi latihan penyegaran pernapasan dan peremajaan sel-sel pada tubuh kita. Selain memperoleh aneka manfaat yang gratis itu, kita pun bisa memperoleh lebih karena salat yang dilakukan secara runtut mulai dari tahajud, salat sunah fajar, dan salat subuh. Jika kita tumaninah, insya Allah gerakan salat itu sudah setimpal dengan olahraga yang melarutkan timbunana lemak dalam darah yang disebabkan pada saat kita tidur. Artinya bangun pagi pun mengkondisikan kita agar jauh dari masalah lemah jantung.

Hmm... dan sangking pentingnya bangun pagi, rasul melarang kita begadang untuk hal-hal yang tidak penting, agar tidur lebih cepat setelah isya dan bangun sepertiga malamnya. Dan kalau ada waktu tidur siang selepas zuhur. Mahakuasa Allah yang menidurkan dan membangunkan kita.

3 komentar:

  1. Begadang jangan begadang~ hehe tapi gimana kalo udah kebiasaan tidur pagi ? apa yang harus dilakukan agar bisa tidur seperti normalnya -_- ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Biasa tidur pagi karena faktor sebagai pekerja di malam hari, bukan? Kalau itu lain perkara dan menjadi suatu keringanan. Tapi kalau itu karena kebiasaan, ya seperti kata pepatah alah bisa karena biasa, siapa yang terlatih tentu karena ia rajin berlatih. Mulai biasakan saja tidur lebih awa. :)

      Hapus
  2. bangun pagi itu enak.. cuacanya pas lagi seger"nya.. Subhanallah

    BalasHapus