Proud of

Proud of

Senin, 09 Februari 2015

Cegah Stunting Sejak Bulan Pertama Kehamilan

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Masalah ini terjadi mulai janin masih dalam kandungan dan baru nampak saat anak berusia 2 tahun.

Oleh karena itu, orangtua khususnya para ibu harus memperhatikan betul-betul hal ini sejak bulan pertama kehamilan. Jika mengacu pada data Riskedas 2013 soal stunting ini, maka 1 dari 3 anak di Indonesia pasti mengalami masalah pertumbuhan. Dan hal itu terjadi sejak mereka masih dalam kandungan. Maka dari itu, khususnya untuk para calon ibu, harus memperhatikan betul asupan gizinya agar janin memperoleh gizi yang maksimal, lengkap.

Dan bagi mereka, ibu yang menyusui, pastika minimal 6 bulan pertama harus ASI Ekslusif, syukur-syukur kalau bisa lebih dari itu. Dan selebihnya, setelah selesai masa penyapihan, pastikan anak mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan dibarengi aktivitas fisik yang cukup, agar kesehatan perkembangan tubuhnya semakin baik dan maksimal, sehingga Indonesia bisa bebas dari masalah stunting.

Tentu saja, menghindarkan anak dari stunting adalah hal penting yang seharusnya diusahakan oleh para orangtua agar anak tidak mengalami kondisi kurang gizi yang kronis.  Karena, hal itu dapat mempengarungi pada tingkat kecerdasannya nanti. Hal itu tentu bukan harapan kita bersama, walaupun, tentu saja, akal jika dilatih akan terasah, namun bagaimana pun, otak perlu asupan yang prima. Mudah-mudahan para ibu dan calon ibu memperhatikan asupan gizi putra-putrinya sejak bulan pertama kehamilan. Bahkan harus jauh sebelum kita kita memang harus membiaskan diri sendiri mengonsumsi makanan bergizi seimbang, agar menjaid kebiasaan dan teladan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar