Proud of

Proud of

Kamis, 22 Januari 2015

[God Willing] Travel to Yokohama, Japan

Empunya blog pergidulu.com dalam salah satu postingannya nanya gini: What’s your travel plan in 2015?", Hmmm... bicara soal jalan-jalan di tahun ini, sejujurnya nggak ada rencana yang muluk-muluk, bahkan menjelang pergantian tahun kemarin pun nggak ada kepikiran bikin resolusi buat jalan-jalan ke suatu tempat yang khusus, apalagi kepikir buat ke luar negeri. Sampai kemudian... pada suatu senja, aku mendapatkan email bersubjek Notification of Acceptance dari panitia 12th Asian Congress of Nutrition, yang menyatakan bahwa abstrak penelitianku yang berjudul Effect of Chitosan Silkworm Pupae Skin Subtitution of Formalin Toward Storability of Tofu dinyatakan diterima *alhamdulillah*, dan layak dipresentasikan dalam Kongres Gizi se-Asia tersebut, yang kali ini, kongres ke-12-nya tuan rumahnya adalah The Japan Society of Nutrition and Food Science (JSNFS), dan menetapkan Yokohama, Jepang, sebagai lokasi penyelenggaraan kongresnya.

Terus terang aku nggak nyangka banget kalau abstrak penelitianku itu diterima. Dan akhirnya, aku pun otomatis harus memikirkan travel plan tersebut. Walaupun sejauh ini masih belum pasti, karena semua akomodasi dan biaya registrasi adalah tanggung jawab setiap presenter, artinya, aku memang harus gencar mengumpulkan uang untuk keperluanku tersebut. Dan aku sudah membuat proposal dukungan dana untuk diajukan ke beberapa instansi ataupun perusahaan, mudah-mudahan saja melalui uluran tangan mereka aku bisa mencukupi biaya untuk bisa memenuhi undangan presentasi di ajang tersebut, di mana pada kongres tersebut, semua ahli pangan dan gizi se-Asia dan dari luar Asia akan berkumpul dan bertukar pikiran demi terwujudnya tema “Nutrition and Food for Longevity: For the Well-Being of All”. *Ya Tuhan, mudah-mudahan ada jalannya buat aku bisa ke sana!* Kalau benar nanti aku ke sana, *registrasi terakhir tanggal 30 April 2015, dan pelaksanaannya dari tanggal 14 s.d 18 Mei 2015* berarti ini adalah perjalanan pertamaku ke luar negeri, Insya Allah!


Bagiku ini benar-benar kesempatan emas, karena aku bisa lebih memahami perkembangan terkini soal ilmu pangan dan gizi, dan bisa menjadi modal wawasan aku untuk kemudian bisa lebih proaktif saat melanjutkan ke jejang pascasarjana, karena keikutsertaan dalam suatu kongres tingkat internasional itu adalah nilai lebih. Jadi, aku betul-betul berusaha, karena memang biaya yang dibutuhkan tidak sedikit, untuk biaya registrasinya saja sekitar 45,000 JPY. Untung saja tidak dalam mata uang dollar sih, tetapi tetap saja, itu bukan nilai yang kecil pula. Tapi aku percaya sih, bagaimana pun ilmu itu nggak bisa dinilai dengan uang. Mudah-mudahan saja ada jalannya, dan banyak pihak yang tergerak hatinya untuk bisa memberikan dukungan financial kepadaku. Amin!

Selain dari aspek disiplin ilmu gizi. Tentu saja, undangan dari ACN2015 tersebut memancing rasa penasaranku soal Yokohama! Dan ternyata, Yokohama adalah suatu lokasi yang amat memesona! Ya bisa dikatakan sambil menyelam minum airlah ya! Sekali dayung dua tiga pulau terlampau, pastinya kegiatan kongres tersebut sekaligus kegiatan jalan-jalan yang menarik. Sebab lokasi kongres dan hotel-hotel di sekitar lokasi kongres yang dapat dijadikan alternatif menginap bagi para presenter pada kongres tersebut sangatlah indah. Dan bagi aku yang baru pertama kali, tentu saja, akan serasa liburan juga. Cuma nggak sekadar liburan! Alias liburan yang plus-plus!

Kalau aku lihat-lihat di website Yokohami Official Visitors Guide-nya wilayah Jepang yang satu ini sangat perpect banget sih, walaupun belum pernah ke sana, tapi dilihat dari foto-fotonya keren bener. Misalnya ada yang dinamakan dengan taman klasik Jepang bernama Sankeien Garden; fotonya:

Di tengah geliat modernisme Jepang, di beberapa wilayahnya masih tetap melestarikan khazanah budaya berupaya taman klasik ini. Kebayang betapa nyamanya kalau bisa berjalan-jalan dan melihat kehijauan di taman itu, apalagi lagi kalau punya kamera sendiri jadi bukan dari kamera HP, seperti Canon Powershot SX400 IS, pasti keren banget dan akhirnya bisa mengabadikan momen spesial tersebut karena hasilnya pasti lebih bagus. Ajaib!

Kerennya lagi, Yokohama punya tempat bermain khusus anak-anak yang luas, atau bisa digunakan sebagai arena kumpul keluarga, namanya Kodomo Park! Berikut ini fotonya:
Indah banget ya!

Dan  buat hiburan dan menguji adrenalin para pengunjung Yokohama City, ada yang namanya Yokohama Cosmo World! Di sini ada bianglala raksaksa, tingginya sekitar 112,5 meter dan dapat menampung sekitar 480 orang! Walaupun aku kadang suka pusing kalau naik bianglala, tapi kalau ada rezekinya sampai dan menginjakkan kaki di sana, rasanya akan bela-belain buat nyoba nih bianglala deh! ^_^
Well, malem-malem nih fotonya ya! Keren lampunya, dan di tengah-tengah bianglalanya ada penanda waktu! Hmmm... Oh ya, semua foto dalam postingan ini bersumber dari website Yokohama Official Visitors Guide!

Pokoknya kalau tidak ada halangan berarti, akunya sehat dan dananya ada, aku pastikan akan berkunjung ke Yokohama, Jepang. Selain untuk membuktikan kemampuan diri dalam studi ilmu gizi yang kugeluti, pun untuk dapat merasakan keindahan wisata di sana. Amin! Nah, pembaca sendiri adakah plan khusus mau traveling ke mana tahun ini? Saling mendoakan ya semoga impian jalan-jalan kita masing-masing terwujud ^_^

8 komentar:

  1. keren banget ya yokokhama, jadi pengen kesana juga buat jalan2 buang uang hehehe

    BalasHapus
  2. Mbak Dwiex'z tetep dong #AntiNyampahin uang yah :D
    Kalau untuk sesuatu yang bermanfaat dan kebetulan ada faedahnya mengapa nggak kan ya :) Aku sih sebenarnya berharap ke sana ya karena ada undangan ikut Kongres Gizi se-Asia-nya. Mudah-mudahan ada manfaatnya, dan plusnya kebetulan lokasi kongresnya memang city tour banget kesannya :D

    BalasHapus
  3. keren
    semoga terkabul ya
    dan ada rezekinya buat mas taufiq ikut kongres gizi se-asianya...
    amin

    BalasHapus
  4. Jepang memang top, dalam menata dan membuat kotanya menjadi perfecto..

    BalasHapus
  5. Jepang keren banget :3, Kapan yaa Indonesia?

    BalasHapus
  6. kalau saya pengen ke mekkah :D .. impian sih gapapa yaa kali aja ada kesempatan dan budget nya ada .. semoga saja bisa amiiin

    BalasHapus
  7. goodluck yah kak, semoga sampai di Yokohama :)

    kunjungan balik yuk : http://bit.ly/18vjFR9
    salam kenal :)

    BalasHapus
  8. aku juga ingin banget ke yokohama...., tapi belum punya uang,
    btw-kok presenternya yang harus nanggung semua biaya ke yokohama....., biasanya kalo dapat undangan dari panitia....akomodasi ditanggung oleh pihak yang mengundang....
    keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

    BalasHapus