Proud of

Proud of

Kamis, 11 Desember 2014

Semangka, Si Air yang Crunchy dan Bergizi

SEMANGKA adalah buah yang hampir semua bagian yang dapat dikonsumsinya mengandung air, kira-kira 92% dari buah semangka adalah air. Tetapi uniknya, air dalam buah semangka diikan oleh suatu tekstur yang kemudian ketika kita memakannya akan terasa crunchy! Yuhuyyy! Siapa yang suka buah semangka?

Tahukah kawan sekalian! Semangka diperkirakan bermula dari kawasan Afrika! Kemudian dikenal ke Asia, Eropa, dan terakhir ke Amerika Utara. Dan saat ini hampir di tiap negara dapat ditemui buah semangka, termasuk di Indonensia!

Selain Crunchy, sifatnya yang memang mengandung air memang dapat mencukupi kebutuhan dan mencegah kekurangan air pada tubuh kita atau dehidrasi. Tapi, apa cuma itu saja? Tentu tidak! Ada banyak zat gizinya, sehingga layaklah semangka ini dikatakankan sebagai buah yang bergizi, bahkan kalau kata majalah kesehatan pria, Mens Health, konsumsi semangka dapat menyuburkan kualitas sperma.

Nah, dari aspek nilai gizi, SEMANGKA itu mengandung...???

  • Vitamin C
  • Asam pantotenat
  • Tembaga
  • Vitamin A
  • Potasium
  • Biotin
  • Magnesium
  • Vitamin B6
  • Vitamin B1
Secara umum, semangka bukanlah buah yang dapat menimbulkan alergi jadi bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Tetapi, karena ukurannya rata-rata besar, sebaiknya memang untuk konsumsi bersama, pastikan jangan terlalu lama membiarkan semangka yang sudah dikupas kecuali disimpan di dalam kulkas, itupun jangan sampai permukaan daging semangka yang lembut itu ditekan-tekan karena akan merusak struktur semangka dan mempercepat proses pembusukkannya. Ada baiknya memang beli dalam bentuk potongan agar kita bisa langsung mengonsumsinya tanpa harus menimbunnya di kulkas.

APA sih MANFAAT SEMANGKA?

Dari banyak penelitian semangka digolongkan pada buah yang mengandung antioksidan yang baik bagi kita. Dan selebihnya, kebutuhan dari nutrisi zat gizi dalam semangka dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Jadi, memang nggak ada salahnya deh konsumsi yang namanya buah semangka. Selain menyegarkan, gizinya pun menyehatkan.

Disarankan agar kita memilih semangka organik.  Dan berikut ini daftar nilai gizi menurut departemen kesehatan amerika serikat dalam 280 gram semangka siap makan.

 Menarik, bukan? Selamat mencoba menikmati buah semangka, si air yang crunchy dan bergizi!

5 komentar:

  1. semakin ternyata selain menyegarkan di siang hari juga kaya akan nilai gizi yang bermanfaat bagi kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, segar dan bikin sehat ke kitanya :)

      Hapus
  2. Wah kebetulan saya juga gi nulis semangka di blog kesayangan saya. Hehehe... Kirain semangka asalnya dari jepang, ternyata dari afrika to?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang memang populer di budidaya di jepang... beberapa varietas jepang memang unggul. itu menurut history awalnya di benua afrika. kalau lihat film-film firaun... ada buah semangka pula... hehehe

      Hapus