Proud of

Proud of

Senin, 29 Desember 2014

Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

UPAYA pembangunan pertanian Indonesia memerlukan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia, salah satu dukungan agar berkembangnya dunia pertanian kita ialah melalui pemanfaatan media internet untuk sarana edukasi kepertanian, sebagaimana yang dilakukan oleh Joko Warino yang membuat website jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian Indonesia.

Menurut YIF (2007) Indonesia memiliki visi menjadi negara maju yang unggul dalam pengelolaan kekayaan alam. Salah satu kemajuan dalam bidang teknologi informasi ialah semakin maraknya penggunaan internet oleh masyarakat kita. Hal itu menjadi ladang edukasi yang tepat. Dan dengan adanya jokowarino.com yang merupakan tempat berbagi informasi mengenai pertanian Indonesia menjadi salah satu agen penyukses terselenggaranya visi Indonesia yang hendak dicapai tersebut.

Pada saat ini laju pembangunan sektor pertanian dalam arti luas semakin ketinggalan dibandingkan sektor-sektor lainnya. Hal itu dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat khususnya di mana kita memang berada dan tinggal di negara yang memiliki sumber kekayaan alam yang melimpah, namun pengetahuan akan ilmu-ilmu terkait pertanian masih rendah, sehingga seringkali kita hanya menghasilkan suatu produksi yang asal jadi. Padahal, sektor pertanian sangatlah penting karena berperan dalam penyediaan pangan, bahan baku industri berupa pangan, pakan, biofarmaka, biokimia, dan biomaterial. Tidak hanya itu, dunia pertanian sangat erat kaitannya dengan lapangan pekerjaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

PrintScr Situs Jokowarino.com

Tetapi kita ketahui ada banyak masalah yang menghadang kemajuan pertanian Indonesia, salah satunya ialah ketersediaan lahan pertanian yang sedikit. Dan masih rendahnya informasi tentang pertanian dalam dunia informasi saat ini. Untuk masalah lahan, tentu tidak serta merta membongkar hutan untuk lahan yang baru, ada banyak metode bertani modern, sehingga di sini memang sangat penting untuk kita mengetahui tips pertanian maupun trik pertanian agar menjadi petani yang sukses dan dapat berkontribusi dalam pembangunan pertanian skala nasional. Misalnya dengan teknologi hidroponik dan bioteknologi untuk budidaya tanaman pertanian. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk bertani sekali pun kita tinggal di rumah susun. Terlebih bagi mereka yang memiliki pekarangan rumah, sangat baik apabila membiasakan bertani sejak dini.

Apakah setiap  kita bisa bertani? Tentu saja, dan tidak harus sekolah resmi—walaupun syukur-syukur kalau bisa sampai kuliah ambil jurusan ilmu-ilmu pertanian—kini dengan majunya teknologi informasi, khususnya mereka yang suka pakai internet, ada baiknya digunakan untuk mencari informasi tentang pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, dan sejenisnya. Dan saat ini semakin banyak tutorial pertanian yang dapat memberikan kita wawasan yang baik tentang pertanian. Salah satunya ialah jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian Indonesia.

Banyak hal yang akan kita dapatkan dengan berkunjung ke situs tersebut. Khususnya pengetahuan tentang aneka tanaman yang berkhasiat serta informasi yang terkait dengan dunia pertanian, kehutanan, dan ilmu pengetahuan secara umum. Jokowarino.com menjadi tempat yang tepat untuk siapa saja agar memperoleh yang namanya info tentang pertanian Indonesia, tutorial pertanian, tipspertanian, dan trik pertanian, maka jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian Indonesia merupakan situs yang dapat diandalkan oleh siapa pun.

7 komentar:

  1. Pertanian emang udah waktonya go internet!

    BalasHapus
  2. pengarusutamaan pertanian memang bisa pula didukung melalui media internet dgn adanya situs-situs yg berkontenkan pertanian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kita bisa memulainya lewat internet ya... dgn situs-situs atau blog yaa...

      Hapus
  3. Wah gue baru nemu nih blog yang isinya konsisten sama pertanian dan gizi. Andai semua Sarjana Pertanian seperti lo, mungkin hanya sedikit yang salah jurusan sampe kerja di Bank. Nice Post Bro Taufik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe
      Thank you for support me ya!
      Hidup pertanian Indonesia :D

      Hapus
  4. Sekarang pertanian luas ya. Soalnya perikanan juga masuk. Apalagi wacana poros maritim. Ya, tapo kita nggak mungkin bisa lupa klu kita negara agraris ya...

    BalasHapus