Proud of

Proud of

Senin, 22 Desember 2014

Jagung Manfaatnya Segunung!

JAGUNG adalah nama yang akrab bagi kita, yang sebenarnya bernama lain Zea mays, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah corn. Pangan yang kerapkali dijadikan pengganti pangan utama selain padi dan gandum ini biasanya tumbuh di musim panas. Walaupun untuk saat ini kita dapat menemukan jagung sepanjang tahun. Mengapa? Karena dunia pertanian modern semakin aktif memproduksi jagung yang dapat tumbuh dan bereproduksi sepanjang tahun, dengan bantuan teknologi pangan serta rekayasa genetika. Disarankan agar memilih jagung organik, dan membeli dari petani yang memang panen pada musimnya.

Tahukah kamu, Jagung tidak hanya berwarna kuning, ada juga warna lain. Hanya ini yg paling umum! ^^


APA saja sih kandungan nutrisi dari jagung selain karbohidrat tentunya? Untuk jagung siap olah seberat 77 gram (yang sudah dilepaskan dari bonggol jagungnya) itu mengandung kalori sekitar 74 kkal. Dan nutrisinya itu asam pantotenat, posfor, vitamin B3, mangan, serat, dan vitamin B6.

Di Indonesia, jagung memang belum menjadi makanan pokok, dan jika pun diproduksi maka itu hanya untuk keperluan industri produk turunan dari jagung untuk menjadi aneka snack ataupun bahan dasar pemanis buatan rendah kalori untuk penderita diabetes. Ataupun untuk teman makan steak. Sedangkan dari skala produksinya pun memang masih tertinggal jauh dibandingkan dengan Amerika, Rusia, Cina, Meksiko, Brazil, Ukraina, dan Afrika Selatan.

Di kita, sepertinya jagung hanya populer di beberapa wilayah, misalnya di Bogor, jagung itu banyak sepanjang jalur wisata Puncak, untuk dijual dan dijadikan jagung bakar. Selebihnya, jagung memang tidak begitu menarik minat para petani. Padahal bahan pangan yang satu ini kaya nutrisi.

APA saja memang manfaat dari jagung organik bagi kita?

  • Dalam jagung banyak mengandung antioksidan fitonutrien, berupa anthocyanin, asam vanillic, beta-carotene, asam caffeic, asam coumaric, asam ferulic, asam syringic, asam protocatechuic, lutein dan zeaxanthin.
  • Kaya serat untuk memperbaiki sistem pencernaan dan memperlancar BAB
  • Jagung baik untuk sistem gula darah kita
  • Jagung diindikasikan memiliki kegunaan untuk mengendalikan aktivitas virus, anti-HIV. (Hoorelbeke B, Van Damme EJ, Rouge P et al. 2011)
CATATAN

Sebaiknya jagung diolah dengan jalan direbus, dikukus, ataupun dipanggang dengan sedikit butter. Namun jangan terlalu lama dan jangan banyak tambahkan garam. Hindari popcorn yang dijual di bioskop-bioskop itu ya! Kalau sesekali sih nggak apa-apa! Hehehe

Demikian semoga bermanfaat. Jangan ragu untuk melakukan subtisusi makanan pokok, atau bikin nasi jagung, beras dicampur jagung. Enaknya beras merah dengan jagung manis.

sumber gambar: revisionskincare.com

8 komentar:

  1. Banyak banget ternyata ya manfaatnya :-)

    BalasHapus
  2. kebetulan mlm tahun baru nanti banyak yg jualan jagung hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe kalau agak hujan tambah mantep yeee

      Hapus
  3. menu dikala begadang sama temen temen nih

    BalasHapus
  4. sip sama ikan bakar pula yak... hehehe

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Iya jagung bakar. Tapi jangan sering-sering juga makan yg dibakar-bakar :)

      Hapus