Proud of

Proud of

Kamis, 04 Desember 2014

Berapa Banyak Asupan Protein yang Saya Butuhkan?

PROTEIN sebagai komponen gizi pokok memang harus dipenuhi oleh kita tiap harinya. Berapa banyak? Untuk orang dewasa yang dalam kondisi kesehatannya normal tidak ada penyakit yang berarti diperkirakan jumlah protein yang dibutuhkan itu sekitar 40 sampai dengan 65 gram protein. Jika kemudian dalam makanan yang kita konsumsi kurang memenuhi jumlah protein yang dibutuhkan dalam sehari itu, maka tubuh akan memecah otot dan jaringan lainnya untuk memperoleh asam amino yang dibutuhkan. Pemasukan dan pencernaan protein yang tidak cukup akan berakibat pada gangguan perkembangan dan pertumbuhan otot, timbul lesi kulit, rambut jadi rapuh, dan yang parah sistem kekebalan tubuh bisa melemah. Serta aneka bahaya lainnya.

Kita tentu saja dapat memperoleh protein tidak hanya dari daging atau hewan, tetapi juga tumbuhan semisal kacang kedelai yang kemudian difermentasi menjadi tempe. Untuk diperhatikan agar proses pemasakan tidak terlalu matang juga tidak terlalu mentah. Dan saat pengunyahan diharapkan dikunyah sampai halus agar proses penyerapannya serta pemecahannya di perut dan lambung bisa lebih mudah lagi.

Tetapi jujur saja, sumber protein yang baik dan kaya jumlahnya dapat diperoleh dari ikan dan daging ataupun produk susu. Dari makanan-makanan tersebut yang kita konsumsi enzim protease yang kita hasilkan dalam tubuh akan memecah protein menjadi asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Kemudian tubuh akan menyalurkan asam amino itu utamanya ke jaringan otot. Penyerapan biasanya berlangsung di jejunum.

Untuk para ibu rumah tangga, sekadar informasi bahwa untuk daging atau beef seberat 100 gram protein yang dikandungnya sekitar 26,16 gram, artinya untuk memenuhi kebutuhan protein suami misalnya, dalam sehari cukup makan daging seberat minimal 200 gram.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan. Jika ada pertanyaan bisa melayangkan surel ke taufiqfirdausalghifariatmadja@gmail.com dengan subjek #konsultasigizi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar