Proud of

Proud of

Kamis, 13 November 2014

Konsultasi Gizi: Apakah Efek dari Asupan Beralkohol Secara Rutin bagi Status Gizi?

Tolaklah tawaran minuman beralkohol! Demi kebaikan bersama!
Hal pertam yang ingin saya sampaikan, bagi siapa saja yang saat ini merutinkan konsumsi alkohol, atau kadang-kadang mengkonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya segera menarik diri dan berhenti dari konsumsi yang tidak menyehat itu. Lebih baik konsumsi air mineral secara rutin. Mengapa?

Karena konsumsi ataupun pemakaian alkohol pada masakan tertentu memiliki banyak efek yang merugikan pada nutrisi. karena alkohol mengambil alih tempat makanan yang bergizi, dan juga penggunaan alkohol yang rutin menahun menyebabkan gangguan absorpsi dan metabolisme zat-zat gizi yang terganggu. Mereka yang menyalahgunakan alkohol menjadi minuman kesehariannya akan mengakibatkan rendahnya simpanan asam folat, niasin, vitamin B6, dan vitamin B12 di hati, dan gangguan penggunaan asam folat, vitamin B1 dan B6. Karena pada dasarnya minuman beralkohol dapat merusak fungsi organ tubuh, termasuk hati. Selain itu, kadar zat seng dan magnesium menjadi rendah karena terekresikan bersama urin akibat konsumsi makanan ataupun minuman beralkohol.

Jika pelaku minuma alkohol dan makanan beralkohol tidak berhenti, kemungkinannya dia akan menderita sindrom wernicke-korsakoff yaitu gangguan sistem susunan saraf pusat yang serius. Dan gejala-gejalanya adalah kebingungan mental, kehilangan ingatan, konfabulasi, ataksia, gerakan bola mata yang tidak normal, dan neuropati perifer. Dan umumnya itu karena kekurangan vitamin B1 akibat dari konsumsi minuman maupun makanan beralkohol.

Untuk itu, saya sarankan agar tidak merutinkan konsumsi alkohol baik dalam bentuk minuman ataupun makanan yang dicampur dengan alkohol. Sebelum gejalanya timbul. Silakan berhenti, dan kemudian mulai diet bergizi. Sayangilah organ tubuh kita. Karena alkohol adalah tambahan pangan yang berbahaya bagi tubuh kita!

Demikian, dan terima kasih. Bagi pembaca yang ingin berkonsultasi masalah gizi. Silakan layangkan pertanyaan ke email taufiqfirdausalghifariatmadja@gmail.com dengan subjek #KonsultasiGizi. Salam hangat dan sehat. :)

sumber gambar: www.health-e.org.za

Tidak ada komentar:

Posting Komentar