Proud of

Proud of

Minggu, 12 Oktober 2014

Resep Membuat Laksa Bekatul

Di Bogor, yang namanya laksa sudah terkenal banget ya. Tetapi, ada baiknya memang jika ditambahkan bahan pangan yang gizinya unggul misalnya bekatul. Nah, berikut ini resep bikin laksa sayur dengan bekatul. Selamat mencoba:

Bahan untuk kuah laksanya:
Ayam kampung agak besar 1/2 ekor, kelapa 1 buah, bekatul 30 gram, air untuk merebus ayam 2 1/2 liter.

Bumbu untuk kuah yang dihaluskan:
Bawang putih 25 gram, bawang merah 25 gram, jahe 1 ruas, kencur 1 ruas, temu kunci 1 ruas, temu mangga 1 ruas, kemiri 4 butir, ketumbar sdt, kunyit 1 ruas, ebi rendam di air panas dan haluskan lalu gongseng sampai wangi sebanyak 1 sdt, minyam samin untuk menumis 1 sdm.

Bumbu utuh:
Lengkuas 1 ruas, sereh 2 potong, daun salam 5 lembar, daun jeruk 3 lembar, belimbing wuluh 6 buah, garam 2 sdm, gula 1 sdt, penyedap rasa bila suka 1 sdt.

Bahan laksa sayurnya:
Wortel potong-potong lalu rebus 1/4 kg, kentang potong-potong lalu rebus 1/2 kg, kol potong-potong lalu rebus 1/4 kg, soun 1 ons, daun kemangi secukupnya, bawang goreng secukupnya.

Cara membuat kuah laksanya:
1. Rebus ayam ke dalam 2 1/2 liter air hingga setengah empuk. Bila menggunakan ayam negeri, buang lemaknya terlebih dahulu, olesi dengan air jeruk mipis, lalu cuci bersih. Masukkan ayam negeri ke dalam air mendidih, masak sampai matang, buang airnya, lalu rebus kembali.
2. Buat santan menjadi 1 liter, pisahkan yang encer dan yang kental.
3. Tumis bumbu-bumbu yang dihaluskan dengan minyak samin, lalu masukkan ke dalam rebusan ayam beserta santan encer dan bumbu-bumbu utuh serta bekatulnya. Diamkan sampai ayam menjadi lunak.
4. Masukkan santan kental, aduk sampai mendidih.
5. Angkat ayam lalu suwir-suwir.
6. Gunakan kuahnya untuk laksa

Terakhir, masukkan bahan laksa sayur ke dalam mangkuk, tambahkan suwiran ayam, daun kemangi dan bawang goreng, lalu siram dengan kuah laksa. Siap disajikan selagi panas. Selamat memasak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar