Proud of

Proud of

Kamis, 16 Oktober 2014

Family Farming: “Feeding the world, caring for the earth”

HARI ini, 16 Oktober, 34 tahun yang lalu, dicanangkan sebagai Hari Pangan Sedunia. Dan di tahun ini, Organisasi Pangan Dunia mengusung tema Family Farming: "Feeding the world, caring for the earth". Sedangkan kepanitian di Indonesia membuat tema: Pertanian Bio Industri Berbasis Pangan Lokal Potensial". Tentunya keduanya sangatlah bagus, mengingat ketahanan pangan memang tanggungjawab kita semua, di tengah budaya hedonis konsumtif yang cenderung masif, kita memang perlu kesadaran dalam menyosong hari depan dengan tetap tersedianya pangan bagi seluruh umat manusia, utamanya bagi keluarga tiap-tiap keluarga, sebab mendapatkan pangan yang layak konsumsi adalah hak asasi manusia.

Poster karya Edmar Colanza, Filipina
Tetapi, kita pun harus peduli terhadap bumi, sebagai dapur dari produksi pertanian dunia, di sini, pertanian tidak hanya kedaratan, tetapi juga perikanan, perkebunan, dan peternakan. Maka itu, kepedulian kita terhadap pangan jangan sampai mencederai ibu pertiwi.

Untuk itu, kita harus mulai dengan bertani di rumah, skala pekarangan, yang organik, dan ramah lingkungan, sebagai bagian nyata kita akan keberlangsungan pangan dunia, termasuk bumi tempat satu-satunya bagi manusia untuk hidup ini. Sekali lagi, selamat hari pangan sedunia. Oh ya, berikut ini, repost kultwit soal hari pangan sedunia:

 ·  33m 33 minutes ago
1. Did you know? atau Hari Pangan Sedunia pertama kali diperingati tanggal 16 Oktober 1981. Berarti skrg, sdh masuk tahun ke-34 ^^

2. Di Indonesia, ke-34 mengusung tema "Pertanian Bio Industri Berbasis Pangan Lokal Potensial", yang kegiatannya berpusat di Makassar.

3. Lalu FAO, usung tema Family Farming: “Feeding the world, caring for the earth” Artinya, keberlangsungan pangan ada di tangan kita!

4. Apa yang diusung oleh FAO maupun kepanitian di Indonesia sangatlah menarik, karena berorientasi kelokalan, ke arah kesadaran SDM-nya

5. Jadi nih, pertanian berbasis keluarga, atau family farming, adalah ujung tombak agar kita semua lebih peduli dan sadar terhadap bumi

6. Selain itu, agar kita mulai mau berubah ke arah konsumsi pangan lokal beragam, wacana nasi tidak harus beras harus terus digalakkan.

7. Dan tentu, pangan di sini tdk hanya pertanian, tapi jg perikanan, perkebunan, & peternakan, yang harus berorientasi lingkungan.

8. Bahkan, peluang dlm dunia perikanan lebih tinggi mengingat luas lautan yg Indonesia itu luar biasa. Sdgkan lahan pertanian terbatas

9. Pemerintah memang harus menaruh perhatian lebih pada bidang perikanan, menurut saya. Lalu apa yang dapat kita perbuat dalam rangka ?

10. Saat ini pertanian diupayakan tidak harus punya lahan banyak, pekarangan pun bisa kita jadikan ladang bertani, ataupun...

11. Kita dapat berbudidaya ikan air tawar di pekarangan rumah kita. Jadi, tdk ada alasan untuk tidak 'bertani' dalam suatu keluarga itu

12. Akhirul kalam, Selamat Hari Pangan Sedunia ke-34! Semoga ketahanan pangan kita tetap terjaga sampai jauh, ke anak cucu kita kelak.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar