Proud of

Proud of

Sabtu, 14 Juni 2014

Prinsip Presentasi

Presentasi adalah salah satu bentuk kegiatan berbicara di depan umum, atau dapat juga dikatakan sebagai bentuk public speaking. Presentasi akan menjadi kebanggaan apabila penyaji berhasil menyampaikan buah pikiran atau materinya dengan baik dan dapat diterima oleh khalayak dengan baik dan berkesan. Sebaliknya, presentasi mungkin juga menjadi tragedi bila penyajik tidak mampu melakukannya dengan baik sehingga materi yang dipersiapkan tidak sampai kepada khalayak dan tidak memberikan kesan apa-apa.

Suasana dalam pertemuan memang acapkali membuat gugup. Cara paling ampuh untuk mengatasinya ialah persiapan. Siapkan diri kita, siapkan bahan, dan siapkan presentasi dengan baik. Sulit untuk merasa nyaman kalau kita tidak cukup siap. Yakinlah bahwa kita telah melakukan persiapan dengan baik. Kalau kita sudah yakin memahami masalah atau materi yang akan dipresentasikan, kita bisa mulai konsetrasi pada cara penyampaiannya.

Banyak faktor yang menentukan suksesnya suatu presentasi, yaitu faktor internal atau diri penyaji, faktor lingkungan dan sarana, serta faktor khalayak. Faktor internal lebih ditentukan oleh kesiapan diri berupa mental dan fisik dan kesiapan materi yang akan disajikan. Faktor lingkungan antara lain adalah ruangan, dan sarana presentasi. Faktor khalayak antara lain tingkat dan latar belakang pendidikan mereka, minat, motivasi, dan karakter umumnya, Sebelum menyampaikan presentasi, penyaji harus menganalisis semua faktor tersebut dan membuat persiapan sesuai dengan hasil analisis.

Salah satu hasil analisis yang dilakukan pada suatu penyajian menunjukkan bahwa presentasi yang sukses ditentukan oleh materi, pendekatan psikologi, metode penyampaian, dan kepribadian diri penyaji. Dalam hal ini, faktor internal dapat dikatakan sebagai raginya presentasi. Jadi harus diperhatikan betul-betul juga. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar