Proud of

Proud of

Kamis, 05 Juni 2014

Persiapan Fisik Pra-Presentasi

• Yakinkan diri Anda bahwa Anda sungguh-sungguh sudah mempersiapkan diri. Yakinkan bahwa Anda sudah menguasai bahan dan Anda sendiri sanggup mempresentasikannya dengan baik. Yakinkan diri Anda bahwa semuanya pasti beres!

• Jangan pernah naik mimbar untuk presentasi/pidato dalam keadaan perut kosong. Anda harus sudah makan, sebab pekerjaan psikis yang berat membutuhkan juga banyak kalori dan tenaga. Namun, hindari makan terlalu dekat dengan waktu presentasi (minimal 1 jam sebelum presentasi).

• Hindari minum teh, kopi, susu, soda (minuman yang manis) satu jam sebelum Anda melakukan presentasi karena mencerna adalah pekerjaan yang berat dan melelahkan. Bila tubuh masih bekerja berat, kesanggupan untuk berpikir akan menurun. Satu gelas air dingin yang segar dapat membantu memberi ketenangan.

• Jangan lupa untuk pergi ke toilet (WC) sebelum tampil untuk berpidato. Perut dan kandung kencing yang penuh akan menurunkann daya juang dan daya tempur.

• Kalau di toilet ada cermin, telitilah sekali lagi pakaian Anda, baju, dasi, jas, celana panjang, sepatu dan sebagainya.

• Ambillah kesempatan berjalan-jalan di luar untuk menghirup udara segar. Tariklah dan hembuslah nafas yang dalam! Buatlah sedikit gerakan-gerakan kecil dengan kaki, tangan, goyangkan kepala, gerakkan mulut dan bibir, supaya syaraf-syaraf tidak menjadi kaku dan kejang.

• Jangan pernah menelan tablet penenang, kalau Anda tidak pernah mencoba semacam itu untuk mengetahui reaksinya.

• Sekurang-kurangnya lima belas menit sebelum presentasi, jangan pikirkan lagi mengenai tema yang akan Anda sampaikan. Sibukkanlah diri Anda dan alihkan perhatian lewat pembicaraan dengan kenalan dekat Anda. Jangan pikirkan lagi pidato yang akan dibawakan.

• Bergembiralah bahwa Anda mendapat kesempatan untuk boleh berbicara di depan umum. Kesempatan seperti itu sulit diperoleh.

• Pastikan kondisi fisik Anda, baik badan maupun suara, dalam keadaan yang sangat fit. Jika Anda kurang enak badan, atau suara Anda mengalami gangguan, sebaiknya Anda tunda melakukan presentasi, karena suara adalah modal utama Anda dalam melakukan presentasi. Jika Anda dalam keadaan kurang sehat atau mengalami gangguan pada suara, apakah batuk atau serak, hal tersebut akan mengurangi konsentrasi Anda. Audiens pun akan merasa terganggu jika Anda melakukan presentasi dalam keadaan kurang sehat, dan tidak tertutup kemungkinan akan terjadi distorsi pada pesan yang Anda sampaikan.

• Kenakan busana yang sesuai dengan acara di mana Anda melakukan kegiatan public speaking. Tidak selamanya presentasi harus dilakukan dengan mengenakan jenis pakaian formal, bisa saja presenter mengenakan pakaian casual selama sesuai dengan acara yang diselenggarakan. Ingat, Anda akan menjadi pusat perhatian, jadi berpakaianlah dengan baik.

Sumber: BMP Public Speaking SKOM4312

Tidak ada komentar:

Posting Komentar