Proud of

Proud of

Kamis, 15 Mei 2014

Tiga Pembunuh

Ya. Tiga pembunuh. Itulah istilah yang diberikan oleh Dr. Ibrahim Elfiky, untuk tiga tindakan yang mengandung racun seperti bisa ular yang masuk ke dalam aliran darah kemudian mematikan. Apakah tiga hal itu? Menurutnya, tiga hal itu ialah mencela, mengkritik, dan membanding-bandingkan. Katanya lagi, seseorang yang melakukan salah satu atau mungkin semuanya itu, maka apa yang kembali kepadanya lebih buruk dari yang menimpa orang lain yang dia perlakukan seperti itu.
Ya, sepertinya ketiga hal itu memang buruk, mencela itu tercela, lagi pula untuk apa kita memperolok?
Kalau dalam Al-Qur'an dikatakan bisa jadi yang diperolok itu lebih mulia!
Kritik itu perlu bila sesuai fungsinya, yakni mengembalikan ke arah yang semestinya. Bukan malah menjatuhkan, nasihat itu kata lain dari kritik sebenarnya, dalam bentuknya yang positif.
Lalu membanding-bandingkan. Duh ini sih ngebebanin diri sendiri banget pokoknya.
Semoga kita jadi pribadi yang senantiasa bersyukur!
Amin
[]

4 komentar:

  1. Iya juga... ketiga hal itu termasuk perkara yang mematikan... Aduh, saya jadi takut, pasalnya suka gak sengaja mengkritik... mulut ini kalau melihat hal 'ganjil' udah otomatis komentar. Memang musti, kritik itu dibarengi dengan nasihat jadi kritik yang membangun.

    Tulisan yang bermanfaat ^_^b

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita memang harusnya melakukan kritik positif ya, bukan negatif. Saya juga kadang masih suka keceplosan. Ya, semoga dengan terus berlatih kita bisa terhindar dari predikat tiga pembunuh itu, ya. :)

      Terima kasih, salam kenal ya, Ave Ry :)

      Hapus
  2. dalam koridor yang baik, mengritik pun ada kode etiknya. langsung pada orangnya, bukan lewat orang lain atau di depan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kata Rasulullah pun memang ada adabnya, ya.

      Hapus