Proud of

Proud of

Rabu, 14 Mei 2014

Piala Dunia, dan 4 Indikator Negara Terbaik di Dunia

Dan yang lagi ngetren saat ini, selain upaya mencari jadwal puasa Ramadan 2014 adalah jadwal dan perkembangan perhelatan piala dunia 2014. Bagaimana apakah sudah punya prediksi siapakah juaranya? Well, tapi ini kali tidak sedang membahas sepak bola, bahkan untuk sementara harus kita lupakan yang namanya piala dunia itu. Lagi pula, sampai sejauh ini, negara Indonesia memang masih belum ada tanda-tanda pasti akan ikut andil jadi peserta piala dunia, kecuali mungkin jadi tuan rumah penyelenggaranya.

Lalu apa hubungannya dengan negara yang terbaik di dunia? Jelas tidak ada! Dan memang nggak ada hubungannya antara negara yang terbaik dengan piala dunia. Siapapun juara piala dunia, tidak lantas menjadikan negara yang juara itu menjadi negara yang terbaik di dunia. Mungkin dalam persepakbolaan pengecualiaan. Lalu, dalam hal apakah negara itu dikatakan dapat menjadi negara yang terbaik di dunia?

Menurut para ahli, ada empat indikator yang dapat menjadikan suata negara mendapatkan posisi terbaik. Keempat indikator itu adalah pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, lingkungan politik, dan daya saing ekonomi. Mungkin yang kedua sedikit banyak ada kaitannya dengan apa yang diajangkan pada piala dunia yakni olahraga bernama sepak bola, hal itu memang terkait dengan kesehatan, tetapi indikator layanan kesehatan di sini bukan semata-mata olahraga, tetapi lebih kepada akses mendapatkan pelayanan kesehatan bagi warga negara, mulai dari kualitas obat yang terjamin, harga yang terjangkau kalau perlu gratis, dan tenaga medis yang profesional.

Apakah Indonesia memperoleh nilai terbaik dalam keempat indikator tersebut? Sangat disayangkan memang, kita masih berada di posisi yang tidak termasuk ke dalam sepuluh besar negara terbaik... Meksi begitu, bagaimana pun segala bidang memang kita harus upayakan yang terbaik. Utamanya empat indikator tersebut. Dan dalam hal menyingsong piala dunia, kita bisa mulai dengan membiasakan diri menjadi penonton atau  sporter yang sehat jasmani maupun ruhani. Agar langkah menuju yang terbaik, termasuk dalam bidang olahraga sepak bola juga bukan ilusi. Walaupun sekali lagi, juara piala dunia tidak serta merta menjadikan suatu negara menjadi yang terbaik, karena bagaimana pun, itu hanyalah ajang permainan... Dan nuansa bisnisnya juga sangat kental... Omong-omong soal piala dunia, menurut kalian siapa juara piala dunia tahun 2014 kali ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar