Proud of

Proud of

Selasa, 20 Mei 2014

Olahraga dan Masalah Jerawat

Siapa yang tidak percaya kalau olahraga itu banyak manfaatnya? Rasa-rasanya semua pasti setuju dan mempercayai hal itu, bahwa olahraga memang satu kegiatan yang banyak manfaatnya bagi tubuh kita, seperti dilansir dari sparkpeople.com, menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS), olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit dan membawa oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh sehingga kulit tetap sehat dan bercahaya. Eits... Tapi ternyata, bagi sebagian orang, olahraga yang mereka lakukan justru menimbulkan masalah jerawat pada kulitnya. Dilema juga ya? Di satu sisi banyak manfaatnya, di sisi lain nggak mau ada jerawat atau memicu jerawat menjamur. Apa yang dapat dilakukan kalau begitu? Jalannya cuma satu sih, ketahui penyebabnya, lalu jangan lakukan lagi penyebabnya itu!

APA SEBABNYA
?

  • Kosmetik! Ada baiknya, saat hendak berolahraga jangan poles wajah kita dengan kosmetika! Biarkan natural, lagian kan bukan mau ke pesta! Sebab, olahraga itu aktivitas yang tidak ringan dan memicu keluarnya keringat dan kotoran, kalau pakai bedak yang tebel banget, wah dipastikan pori-pori tersumbat, dampaknya bisa muncul jerawat deh! Nggak mau kan? So, jangan pake kosmetik kalau mau olahraga, cin!
  • Pakaian! Kalau mau olahraga pakailah pakaian yang berbahan dasar katun longgar agar kulit dapat bernapas dengan lega. Jangan salah pakai, karena bisa bikin bakteri berkembang biak!
  • Karena nggak pakai krim tabir surya, jika terlalu lama olahraga dan terkena paparan sinar matahari langsung cukup lama, bahaya juga bagi kulit, kecuali pakai krim tabir surya. Jika olahraganya di indoor dan nggak lama-lama (lagian olahraga emang jangan berlebihan juga sih!) ya nggak usah juga pakai krimnya
  • Jangan usap wajah! Kalaupun mau mengusap keringat di wajah gunakan handuk yang bersih. Karena boleh jadi tangan yang kita gunakan untuk mengusap itu kotor.
  • Tidak bersih-bersih setelah olahraga (re: mandi) juga bisa jadi penyebab masalah jerawat. Kalau lagi nggak mau mandi dulu, segeralah bersihkan dengan handuk yang bersih, ada baiknya handuknya dicelupkan pada air hangat. Jika tidak gunakan tisu basah
  • Pastikan perlengkapan olahraga yang akan digunakan bersih, setelah maupun sebelum olahraga ya! Karena kotoran yang menempel pada peralatanan olahraga juga dapat memicu masalah kulit.

Itulah kurang lebih yang dapat menjadi penyebab. Jadi, olahraga bukan sekadar buang keringat, bakar lemak, dan ngeluarin kotoran, tetapi bisa juga memicu masalah jerawat, kalau persiapannya nggak tepat. Hidup bersih memang langkah menuju pencapaian kesehatan yang sejati. Nah, buat yang berjerwat jangan hanya menghindari makanan-makanan tertentu, tetaplah berolahraga dengan tetap memperhatikan kebersihan! Agar tidak tambah masalah jerawatnya! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar