Proud of

Proud of

Senin, 10 Februari 2014

Serat Bermanfaat

pic from vectoc.com
Kita tentu sudah sering mendengar bahwa mengapa kita dianjurkan makan buah dan sayur yang cukup agar kita tidak kekurangan akan serat. Serat itu sendiri termasuk ke dalam karbohidrat yang tergolong polisakarida (rantai panjang). Tetapi sebelum banyaknya penelitian akan manfaat serat, orang lebih menghindari makan serat hanya karena memang sistem pencernaan manusia tidak bisa mencerna dan menyimpan serat. Dengan adanya aneka riset kita pun kemudian dapat mengatahui manfaat dari serat, misalnya sebagai pembungkus lemak ini cocok untuk menjaga berat badan ideal. Konsumsi bahan makanan yang mengandung serat juga lebih cepat membuat kita merasa kenyang, ini cocok juga untuk mengurangi asupan kalori yang berlebih. Dengan adanya serat dalam menu makanan kita juga mempercepat proses pengeluaran feses, jadi nggak akan ada masalah dengan BAB, sebab memperlancar.

Serat juga sangat bermanfaat untuk menstabilkan gula darah, dengan banyaknya kasus diabetes rasanya sudah waktunya bagi kita untuk memasukkan bahan pangan mengandung serat untuk kita konsumsi baik dari jenis buah-buahan ataupun sayuran. Tidak hanya itu, serat juga dapat menurutkan kadar kolesterol dalam tubuh kita, jadi nggak ada salahnya sekali kalau kita mengkonsumsi aneka lalapan. 

Dalam sehari kita sebenarnya membutuhkan serat kurang lebih 23 sampai 30 gram, ya kira-kira sama dengan satu mangga ukuran sedang. Dan bila agak sulit mendapatkan serat dari gandum, kita bisa menggantinya dengan bekatul, karena apa yang ada di negeri kita juga banyak manfaatnya. So, sudahkah kita makan serat hari ini? Omong-omong Sayur dan buah apa yang kalian sukai? Jangan sampai nggak suka sama sekali dengan sayur dan buah ya, karena serat itu bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar