Proud of

Proud of

Minggu, 06 Desember 2015

1000 HPK : Penentu Hidup Sehat Selamanya!

Beberapa orang diantara kita mungkin sudah ada yang tahu apa itu 1000 HPK. Para orang tua ataupun remaja yang mempunyai latarbelakang pendidikan kesehatan pasti sudah cukup paham dengan 1000 HPK. Bagaimana mana dengan mereka yang sama sekali tidak memiliki akses informasi tentang dunia kesehatan. Sudah tahu kah mereka apa itu 1000 HPK dan seberapa penting mereka harus mengetahui makna dari 1000 HPK terutama untuk calon ibu.

1000 HPK merupakan periode 1000 hari pertama kelahiran sejak proses janin dibentuk (bertemunya sel telur dan sperma) hari ke-1 hingga 9 bulan kemudian sampai bayi tersebut berumur 2 tahun. Sebagai upaya untuk meningkatkan perbaikan gizi nasional, pemerintah mengeluarkan peraturan presiden no. 42 tahun 2013 mengenai 100 HPK. Ada apa dengan 1000 HPK ini sehingga program ini menjadi salah satu strategis dalam pencapaian target MDGs (Millenium Development Goals) tahun 2015.

1000 hari pertama kelahiran merupakan periode kritis terutama bagi kelompok ibu hamil, ibu menyusui dan balita. Pada masa ini terjadi perubahan fisiologis pada ibu yang sedang hamil ataupun menyusui terkait kebutuhan gizi yang harus dipenuhi untuk dirinya sendiri dan bayi yang sedang dikandung atau disusui-nya. Maka hal ini lah yang menjadi perhatian khusus terkait 1000 hari pertama kelahiran. Saat ibu sedang hamil maka kebutuhan gizi ibu menjadi bertambah karena kebutuhannya tidak hanya untuk dirinya tetapi untuk proses perkembangan janin yang sedang berkembang di dalam rahimnya. Kebutuhan zat gizi ibu hamil harus disesuaikan dengan kondisi perkembangan janin. Semakin bertambah usia janin maka semakin tinggi kebutuhan gizi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil.

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan gizi pada saat periode 1000 HPK akan berdampak pada kondisi buruk bayi yang dilahirkan yang tidak hanya pada saat itu saja, tetapi akan terus berlangsung hingga sisa hidup anak tersebut. Oleh karena itu, 1000 HPK menjadi jendela emas penentu generasi yang akan kita hasilkan. Dengan menjaga dan mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil, ibu menyusi, dan balita khususnya pada periode tersebut secara tidak langsung kita sudah menjamin bahwa generasi bangsa yang dihasilkan akan sehat dan berkualitas.





1 komentar:

  1. Semoga generasi berikutnya lebih baik daripada sekarang..

    BalasHapus