Proud of

Proud of

Jumat, 13 Februari 2015

Rekomendasi Terbaru Durasi Waktu Tidur Sesuai Umur

TIDUR. Semua makhluk hidup pastilah butuh tidur, malah secara alamiah tubuh akan memaksa "kita yang lelah" untuk istirah dan tidur, utamanya saat malam tiba. Mengapa? Banyak penelitian yang menujukkan bahwa kurang tidur berdampak pada tekanan darah tinggi dan masalah berat badan. Sedangkan terlalu banyak tidur bisa berdampak pada penyakit jantung dan kematian. Maka pertanyaannya berapa durasi tidur yang ideal seharusnya?

Berdasarkan penelitian para pakar seperti Max Hirshkowitz, PhD , Kaitlyn Whiton, MHS, dkk, kebutuhan tidur setiap manusia itu berbeda, dan durasinya disesuaikan dengan usia dari manusia tersebut.

Rekomendasi yang dipublikasikan di jurnal Sleep Health tersebut terbit 14 Januari 2015, dan adapun rekomendasi durasi tidur yang ideal menurut para pakar dari National Sleep Foundation tersebut adalah sebagai berikut:
  • Usia 0-3 bulan durasinya 14-17 jam
  • Usia 4-11 bulan durasinya 12-15 jam
  • Usia 1-2 tahun durasinya 11-14 jam
  • Usia 3-5 tahun durasinya 10-13 jam
  • Usia 6-13 tahun durasinya 9-11 jam
  • Usia 14-17 tahun durasinya 8-10 jam
  • Usia 18-25 tahun durasinya 7-9 jam
  • Usia 26-64 tahun durasinya 7-9 jam
  • Usia 65 ke atas durasinya 7-8 jam
Itu adalah rekomendasi dari durasi minimal dan durasi maksimalnya seseorang tidur. Diharapkan dengan rekomendasi durasi tersebut ditambah dengan aktivitas fisik yang baik serta nutrisi yang seimbang menjadikan seseorang hidup lebih sehat baik secara jasmani khususnya dan secara rohani umumnya, dan sebagai bentuk dari terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan karena kekurangan ataupun kelebihan tidur.

Demikian mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menjadi bahan panduan agar kita tetap memperhatikan kualitas tidur kita termasuk dari terpenuhinya durasi waktu tidur. Oh ya, sebaiknya tidak bergadang, khususnya bagi orang dewasa itu adalah rekomendasi durasi tidur saat malam hari, bukan pada siang hari, kecuali yang bersangkutan memang "pekerja malam" maka mau tidak mau harus mengubah kebiasaannya, hidup di malam hari tidur di siang hari. Namun harus ektra asupan nutrisinya.

6 komentar:

  1. Kalo berdasarkan usia, saya sebaiknya istirahat minimal 7jam. Cuma bisa dapet pas hari libur doang itu mah. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setidaknya dalam seminggu ada akhir pekan yang baik untuk memenuhi durasi minimal tidur, ya. Semangat ya, berarti asupan nutrisinya harus ektra.

      Hapus
  2. Saya umur 28, bisa nih dicoba...

    BalasHapus
  3. emang terkadang gak sesuai dengan waktunya huhuhu

    BalasHapus
  4. tinggal diubah aja manajemennya hehehe

    BalasHapus