Proud of

Proud of

Selasa, 17 Februari 2015

Obesitas dan Peran Kita yang Ideal

Berat badan kita sangat memengarungi ketahanan tubuh dalam hal menangkal aneka penyakit. Terlalu kurus, ataupun terlalu gemuk sama buruknya. Kurang gizi ataupun lebih gizi sama bahayanya. Lalu? Upaya setiap kita adalah mencapai berat badan yang ideal, yang biasanya dapat diukur dengan IMT untuk mengetahui apakah kita termasuk yang kurang lebih atau ideal.

Seringkali kita melihat orangtua yang sangat gembira dan merasakan kelucuan melihat anak-anak yang montok, ataupun yang gemuk/gembil. Padahal, jika sudah sejak kecil cenderung obes atau berat berlebih, maka semakin dewasa ia akan sulit untuk menekan berat badan agar menuju normal. Sama halnya dengan anak-anak yang kurus, kalau salah gizi bisa-bisa perkembangan berat badannya dapat terganggu.

Umumnya, jika melihat kejadian di masa lalu, berat berlebih seringkali dikaitkan dengan masalah keturunan. Tetapi sekarang, melihat kemajuan massal dari produksi pangan yang ada, gejala obesitas yang semakin sulit ditekan baik di negara berkembang terlebih di negara maju, adalah dampak dari gaya hidup dari pola makan yang bersangkutan serta tidak ada kepedulian dari individu di dekatnya.

Tidak jarang orangtua yang abai dengan anaknya yang obesitas dan merasa kasihan kalau harus mengatur pola diet anaknya karena khawatir anaknya jatuh sakit ataupun merasa kelaparan. Atau ada juga istri yang membiarkan suaminya malas olahraga, ataupun ada istri yang tidak mementingkan penampilan berat idealnya, akhirnya menjadi obesitas, hal itu selain tidak sehat, tidak jarang akan menjadi benih keretakan rumah tangga.

Dan persepsi masyarakat terkait berat berlebih itu sehat ataupun subur harus diluruskan, karena berat berlebih ataupun obesitas justru rentan terhadap penyakit tidak menular yang bisa berujung pada kematian. Maka itu, dalam masalah obesitas yang semakin komplek dan rumit ini. Kita semua perlu sadar agar dapat mempertahankan berat ideal kita masing-masing dengan pola makan gizi seimbang dan olahraga yang cukup serta aktivitas fisik yang produktif. Dan harus ada kesadaran dari pihak produsen ataupun industri pangan untuk menyediakan menu yang sehat yang tidak merangsang atau mengakibatkan berat badan berlebih, dan akan lebih baik kalau mereka mengusung upaya go pangan organik!

Jadi, mari kita sadar akan pentingnya berat badan ideal kita masing-masing.

1 komentar:

  1. saya sadar ko pentingnya berat badan ideal, tapi kalau mesti diet duh gak kuat lapernya. ada gak ya diet yang gak bikin laper :D

    BalasHapus