Proud of

Proud of

Minggu, 15 Februari 2015

Mengapa Black Cumin Lebih Menarik Dibandingkan Black Opal?

Sebenarnya, postingan ini nggak ada hubungannya dengan masalah batu akik. Tetapi pertanyaan tersebut memang nggak ada salahnya, dan tetap bisa diberikan jawaban berupa alasan mengapa yang satu lebih menarik dibandingkan yang satunya. Siapa sih sekarang ini yang nggak kenal atau tahu black opal, mungkin cuma tukang batu es yang kurang paham hehehe... Ya, black opal memang nama jenis batu akik yang tengah digandrungi dan dicari-cari, malah sampai ada meme antara Bung Rhoma dengan Ani, sayangnya yang ditemukan bukan black opal, tetapi tahi kambing. *Sungguh terlaluuu... Nah terus, kalau black cumin apaan?

Kalau yang black cumin, sebenarnya sekitar seribu empat ratus tahun yang lalu pernah disinggung kemenarikkannya oleh salah satu manusia yang memiliki pengaruh yang luar biasa pada masa hidupnya sampai setelah ia tiada, siapa lagi kalau bukan Nabi Muhammad. Nah, dalam salah satu hadisnya dikatakan kalau black cumin atau kita kenal dengan sebutan JINTAN HITAM, memiliki khasiat penyembuh pelbagai penyakit, kecuali maut. Dalam artian, jenis biji berwarna hitam ini memiliki khasiat untuk merawat dan menjaga kesehatan termasuk untuk proses pengobatan, mengapa nggak bisa menghindarkan dari maut? Secara itu kan nggak semata-mata "penyakit" ya, yang sehat kalau ketabrak mobil bisa langsung tewas. So, garis besarnya sih, jintan hitam itu kalau kata Nabi Muhammad berkhasiat. Pertanyaannya adalah, apakah betul demikian?

Jawaban singkatnya BENAR. Biji berwarna hitam yang mula-mula terkenal dan populer di kalangan para raja di Mesir ini memang tidak hanya digunakan sebagai rempah-rempah, tetapi digunakan pula untuk keperluan pengobatan. Dan dunia riset kesehatan modern pada akhirnya pun memberikan banyak bukti bahwa black cumin memang lebih bermanfaat bagi tubuh kita (daripada balck opal ataupun batu akik lainnya).

Sebenarnya bagi mereka yang bukan ingkar sunah, hadis tersebut sudah menjadi landasan sahih untuk mengonsumsi black cumin. Tetapi nggak ada salahnya kalau kita mencoba membahas pula apa sih sebenarnya manfaat dari jintan hitam itu, yang sekarang *alhamdulillah-nya* sudah banyak dijual dalam bentuk kapsul siap minum baik dalam bentuk serbukan ataupun dalam rupa minyaknya.

Pertama... sangat berguna bagi penderita diabetes tipe 2, karena menurut para peneliti [di mari] 2 gram jintan hitam dalam sehari dapat menurunkan kadar gula darah, serta menyeimbangkan insulin, dan mengaktifkan fungsi sel beta dalam pangkreas.

Kedua... jintan hitam sangat berguna bagi penderita epilepsi. karena menurut para peneliti [di mari] jintan hitam mengandung zat anti-convulsive, hal ini dapat menjadi alternatif bila anak penderita epilepsi enggan dengan pengobatan konvensional.

Ketiga... jintan hitam bermanfaat dalam pengobatan dan pencegahan aneka jenis penyakit kanker, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Nah, permasalahannya, jika ingin mendapatkan khasiatnya maka harus mengonsumsi dalam jumlah yang agak banyak, karena kalau hanya mengandalkan dari masakan yang menggunakan jintan hitam, fungsinya kurang maksimal. Lagi pula sekarang di banyak apotek sudah dijual aneka produk dari jintan hitam. Pastikan produk yang Anda beli asli dari jintan hitam. Dan konsumsilah secara teratur, Insya Allah, kita akan merasakan faedahnya. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati?

Dan pada akhirnya, bukankah kalau ada uang lebih baik beli jintan hitam daripada batu-batuan? Iya sih buat investasi, tetapi investasi terbaik itu kesehatan yang stabil. Ya, tapi kalau memang sudah hobi apa boleh buat,, hanya saja jangan sampai abai menjaga kesehatan hanya demi batu, karena menurut ilmu gizi, biji-bijian itu lebih menyehatkan daripada batu-batuan. Hehehe...

Oh ya, adakah yang sudah pernah mengonsumsi jintan hitam dalam bentuk kapsul? Mungkin bisa share di mari.

5 komentar:

  1. wah bagusjuga tuh jintan hitamnya, kalau boleh tahu kalau tanamannya di indonesia ada gak ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, baik jintan hitam maupun jintan putih (yang tidak kalah khasiatnya)

      Hapus
    2. salam pecinta batu di seluruh dunia dan salam silaturahim jangan lupa
      kunjungi website Koleksi Batu Cincin
      dan Batu Black Opal

      Hapus
  2. Aku pikir tadi memang masalah batu. Trnyata biji toh

    BalasHapus
  3. Jual Berbagai Macam Batu Mulia Asli dan memiliki energi Alami kunjungi www.batublackopal.com


    Batu Black Opal



    Kayu Stigi Tuah

    BalasHapus