Proud of

Proud of

Rabu, 03 Desember 2014

Nilai Guna Vitamin C dan Buah-buahan yang Mengandungnya

Dalam Ilmu Gizi Dasar yang saya pelajari, vitamin C memang merupakan zat gizi yang paling familiar di seantero jagat. Dan memang, secara umum kita membutuhkan vitamin yang satu ini, tentu saja dalam jumlah yang cukup atau tidak berlebihan. Terlebih, sebaiknya memang tubuh memperoleh zat gizi tersebut dari sumber yang alami, yakni apa yang kita makan, umumnya pada buah-buahan.

Sebelum kita mengetahui buah-buahaan apa sajakah yang sebaiknya dikonsumsi sebagai sumber vitamin C. Ada baiknya mungkin kita mengetahui apa sih manfaat dari mengonsumsi makanan dalam bentuk buah yang mengandung vitamin C ini?

PERTAMA...

Vitamin C itu salah satu zat yang dapat menangkal radikal bebas, sob! Tentu di tengah semakin banyaknya radikal bebas kita wajib membentuk pertahanan diri dengan asupan vitamin C dalam diet keseharian kita.

ITU SAJA?

Nggak atuuuuh...

KEDUA...

Vitamin C merupakan komponen yang diperlukan agar asupan kolagen dalam tubuh tercukupi. Sehingga kesehatan kulit dan tulang terjaga. Menurut penelitian, tidak hanya karena kurang kalsium tulang rapuh gigi runtuh hehehe tetapi juga karena kurang vitamin C sebagai pereaksi produksi kolagen yang bermanfaat bagi kita.

TERUUUUS....?

Vitamin C sangat berguna bagi KESEHATAN OTAK, cuy! Gunanya sebagai neurotransmitter. Dan vitamin C dapat menghasilkan serotin dalam tubuh yang bermanfaat sekali bagi sistem saraf.

WAH KEREN!!!!

EITSSS! TUNGGU DULU!

APA?

ADA CATATANNYA NIH! :)

Sebaiknya jangan mengonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi tanpa konsultasi atau karena ada keperluan yang memang mengharuskan hal itu. Mengingat, menurut Nurchasanah, M.SI, dalam "Rahasia Di Balik Makanan", suplemen vitamin C dosis tinggi yang dikonsumsi tanpa aturan dan di luar pengawasan seorang ahli, berisiko membahayakan, apalagi bagi penderita diabetes. Jadi, kalau sekadar untuk menjaga kesehatan, penuhilah asupan vitamin C dari buah-buahaan segar. Kecuali memang Anda perlu dan itu pun ke ahlinya. :)

Nah sekarang, buah apa sajakah yang kaya sumber vitamin C-nya?

PEPAYA
NANAS
STROBERI
RAMBUTAN
JERUK
KIWI
MELON

KALAU DARI SAYUR NGGAK ADA?

ADA!

Anda bisa peroleh vitamin C misalnya dari PAPRIKA, BROKOLI, dan atau KOL.

Demikian, semoga ada manfaatnya ya!

Artikel ini diikutsertakan pada Giveaway Merawat Kecantikan dengan Vitamin C disponsori oleh Stanmed Center

4 komentar:

  1. mantap banget vitamin c itu ya

    BalasHapus
  2. Sayuran juga mengandung Vit C ya mas, gak cuma buah saja :)
    Makasi partisipasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Esti
      Beberapa sayuran memang mengandung vitamin C :)
      Sama-sama...

      Hapus